All for Joomla All for Webmasters

Rhiel ID

Networking

Cara Mengakses Mikrotik

Cara Mengakses Mikrotik
Mikrotik Router sebenarnya tidak hanya dapat diakse melalui winbox, namun juga dapat menggunakan berbagai media, misalnya browser. Berikut ini adalah cara-cara mengakses mikrotik yang perlu diketahui:

1. Winbox

Winbox

Yang paling sering digunakan adalah aplikasi mini yang dapat didownload secara gratis dari mikrotik, atau dapat diakses melalui link ini . Winbox adalah yang paling populer dan serig digunakan, dikarenakan kita dapat mengakses router secara gui.

Winbox dapat mendeteksi secara otomatis router yang ada dalam networknya, bisa juga kita menggunakan winbox tanpa search otomatis, yaitu dengan memasukkan IP routernya.

2. Web Browser

WebFig

Cara berikutnya adalah menggunakan browser untuk mengakses router, caranya sangat mudah setelah pc/laptop kita terkoneksi dengan jaringan dimana router berada, kita tinggal masukkan alamat ip pada web browser, aplikasi ini dikenal dengan Webfig. Misalnya 192.168.88.1 maka akan muncul halaman login mikrotik router. Setelah login maka akan muncul halaman konfigurasi.

3. Console/Command

Command

Berikutnya adalah menggunakan command, dimana kita dapat mengakses router secara command prompt, disini kita tidak dapat melihat konfigurasi GUI hanya menggunakan command editor. Aplikasi yang dapat digunakan yaitu putty kita dapat mendownloadnya secara gratis. Gunakan aplikasi tersebut untuk menghubungkan dengan shell, dalam penggunaannya, kita dapat menggunakan auto complete script yang kita gunakan, hanya tinggal menggunakan tombol TAB pada keyboard.

4. Telnet

Telnet

Cara terakhir adalah telnet, aplikasi sederhana yang sudah lama digunakan. Berbasis command prompt, pada windows sekarang ini, biasanya telnet harus diaktifkan terlebih dahulu. Cara penggunannya sama dengan putty, yaitu berbasis command prompt.

Semoga bermanfaat 🙂

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top