Rhiel ID

Blogging

Cara Membuat Menu di Blogger

Mari kita lanjutan pembahasan mengenai Blogger. Tapi sebelumnya, saya anggap sobat sudah selesai dalam membuat Halaman (page) dan Artikel (post) nya ya. Agar sekarang kita bisa berlanjut ke materi berikutnya.

Pada dasarnya, pada blogger menu baru dapat dibuat setelah page dan post dibuat, ketika page dibuat maka kita akan tahu url dari page tersebut, pada kali ini admin akan menggunakan blog sarehat.net sebagai studi kasus.

pada blog tersebut, sudah dipersiapkan page dan posting artikel. Artikel tersebut sudah diberikan Labels sesuai dengan kategorinya masing-masing. Lihat pada gambar:Terdapat 5 Kategori artikel dan 1 Page.
Kategori tersebut

  1. Berita Terbaru
  2. Tips Kesehatan
  3. Obat dan Penyakit
  4. Khasiat
  5. Info RS dan Klinik

Lalu Page nya hanya Kontak, lah kenapa cuma 1 page ya? Ini tergantung dari kesukaan sobat sendiri, mau dibuat 1 page, dan aboutnya disimpan pada widget? silahkan saja. Namun sebetulnya, page pada blog tersebut ada 3 yaitu:

  1. About
  2. Sitemap
  3. Contact

Tapi pada kasus ini, kita hanya buat 1 Menu untuk Page.
Mari kita lanjut.

Bagaimana menemukan url page?

Pada sistem blogger, setiap page itu sudah memiliki url tersendiri. Dengan permalink tambahan yaitu /p/ ini adalah identitas dari page. Kita hanya copy url tersebut kemudian pasang pada menu.

Caranya adalah:
Buka menu Page, kemudian arahkan pada judul page yang sudah dibuat, akan muncul menu View.
Jika diklik, maka akan muncul jendela baru dengan satu tampilan yaitu sitemap. Ini hanya contoh saja ya, agar lebih mudah memahami pemasangan URL pada menu.

Nah dapat dilihat pada kolom url browser sobat, halaman/page sitemap adalah
www.sarehat.net/p/sitemap.html <- link inilah yang akan kita masukkan kedalam menu.

Sampai sini diingat dahulu, kita akan berlanjut untuk menemukan url artikel (Labels)

Bagaimana menemukan url artikel/labels?

Saya pastikan dahulu, sobat sudah membuat 1 artikel atau lebih dan sudah menggunakan labels, pemahaman labels ini adalah untuk mengkategorikan artikel sobat. Tidak mungkin juga 1 menu digabungkan secara keseluruhan. Misalkan, Kategori Tutorial, Kategori Gambar, Kategori Info Terbaru atau apapun. Pada sarehat.net ini artikel yang dipublish sudah dikelompokan menjadi beberapa kategori, lihat pada gambar:

ada 5 kategori/labels dalam blog ini, yaitu info-rs-klinik, khasiat, news, obat-penyakit dan tips-kesehatan. Dapat dilihat, pembagian kategori tidak menggunakan spasi, tapi menggunakan “-“. Pertanyaannya, bagaimana cara membuatnya?

kembali ke menu post, jika sudah ada artikel, silahkan edit atau jika belum ada artikel, buatlah 1 artikel, pada sisi kanan terlihat ada kotak berjudulkan Labels.

terlihat ada kolom untuk isian dan dibawahnya terdapat label yang sudah dibuat. Sobat harus konsisten dengan kategori yang sudah dibuat itu, jangan sampai ada 2 label yang hampir mirip. Misalkan:

tips-kesehatan dan tipskesehatan

karna ini akan menjadi 2 labels/kategori yang berbeda. Setelah itu, publish artikel yang sudah dibuat, lihat artikelnya akan terdapat “Breadcrumb” atau navigasi halaman. 

dapat dilihat pada gambar diatas, terdapat navigasi
Home > tips-kesehatan > Kelebihan dan kekurangan sauna bagi kesehatan
nah, pada url tersebut sudah terkategorikan sesuai dengan konten nya. Lalu sekarang kita ketahui, url mana yang dapat kita gunakan sebagai menu untuk kategori “Tips Kesehatan”

Cara mengetahuinya adalah, klik tips-kesehatan maka akan muncul jendela baru dan perhatian url pada browser:
kita mendapatkan
www.sarehat.net/search/label/tips-kesehatan

dari url itulah akan kita gunakan sebagai Menu untuk link ke kategori tips-kesehatan. Jika sudah faham, ini sangat mudah untuk membuat menu lainnya, sobat tinggal merubah kalimat terakhir sesuai dengan kategori/label yang sudah dibuat.
misal

www.sarehat.net/search/label/khasiat
www.sarehat.net/search/label/news 

dan seterusnya …

Membuat menu nya bagaimana?

Setelah kita mendapatkan url dari Page dan Post diatas, perlu dicatat pada notepad atau catatan lainnya, hanya untuk memasukkan link nya kedalam alias menu. Jika sobat masih menggunakan template bawaan ataupun template yang kita download, ini akan sedikit berbeda, biasanya terdapat 2 menu utama. Yaitu Top Menu dan Main Menu, bahkan lebih namun pada kasus kita kali ini, hanya terdapat 1 Menu Yaitu Main menu.

Kita akan mulai dari Pilih Menu Layout dan perhatikan pada fasilitas yang diberikan developer terhadap theme tersebut:

terdapat area kolom Main Menu kemudian terdapat tombol Edit kecil pada ujung kanan bawah, klik edit maka akan muncul jendela baru untuk seting menu. Sekali lagi sobat, jika sobat lupa url dari page dan label mohon kembali pelajari dan pahami artikel diatas. Karena kita akan memasukkan link-link tersebut untuk didaftarkan/dimasukan kedalam masing-masing menu. Lihat pada gambar:

Langkahnya sudah dijelaskan pada gambar, atau detailnya adalah

  1. Masukkan judul menu, misakan Contact atau apapun sesuai dengan page yang dibuat atau label apapun yang sudah dibuat, atau jika label/kategori artikel bisa diisikan judul kategorinya, misal Khasiat.
  2. Masukkan link url , ini disesuaikan dengan apa yang akan didaftarkan page/post. Jika lupa, kembali ke artikel atas untuk menemukan url page atau label
  3. Klik add link untuk menyimpan/mendaftarkan menu
  4. Menu yang sudah didaftarkan akan tersimpan dan berutan sesuai dengan urutan sobat mendaftarkan enu tersebut
  5. Jika urutan tidak sesuai, ada tanda panah atas dan bawah, ini berfungsi untuk memindahkan posisi menu, ke atas atah ke bawah.
  6. Save.

Selesai 🙂
Silahkan lihat blog sobat, Menu sudah berhasil dibuat.
Jika menu tidak sesuai dengan yang diharapkan atau salah tujuan. Sobat cek lagi, mungkin ada URL yang salah dimasukan.

Sekian tutorial blogging untuk pembuatan menu ini 🙂
Semoga bermanfaat

_rhiel_

 

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top