All for Joomla All for Webmasters
Smartphone

Cara Memasang Akun Email di Android

Email

Memiliki email dari domain dan ingin mengaksesnya dari smartphone Android Anda adalah salah satu efektifitas dalam pengelolaan email, selain menggunakan webmail atau aplikasi mailclient yang lainnya, Anda juga dapat memasang akun email domain website Anda.

Dalam artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai bagaimana caranya untuk memasukan email ke smartphone Android Anda? cara ini juga dapat Anda lakukan pada iPhone, karena caranya tidak beda jauh.

Sebelum melakukan konfigurasi email ini, pastikan dahulu Anda memiliki email dan mengingat passwordnya, jika tidak ada kemungkinan Anda kena blok firewall dalam beberapa menit karena melakukan kesalahan memasukan email atau password.

Setiap smartphone ada kemungkinan berbeda aplikasi clientnya, kali ini kita akan menggunakan gmail sebagai medianya. Pemilihan protokol penerima sebenarnya Anda dapat juga menggunakan IMAP, namun pada perlu memahaminya lebih jauh mengenai perbedaan IMAP dan POP3. Pada artikel ini, protokol yang digunakan adalah POP3.

Cara Setting Email

Masuk pada menu setting > kemudian cari menu account

Setelah itu akan muncul berbagai macam list aplikasi yang akan digunakan, karena kita hanya akan memasukkan email, maka pilihlah > Personal POP3. Setelah itu, klik menu Account settingAdd Account > Other

SettingSetelah itu akan muncul isian input email dan kemudian isilah password, setelah itu pilihlah POP3 (Post Office Protocol 3). Pop3 adalah protokol standar untuk berkomunikasi dengan mail server. Kemudian masukkan password email.

User AccountSetelah itu, akan muncul isian pemilihan incoming server kemudian dilanjutkan dengan outgoing server. Kedua konfigurasi ini sangat diperlukan, karena melalui server itulah email berkomunikasi (mengirim dan menerima).

Perlu diperhatikan, bisa saja sistem akan mendeteksi secara otomatis port mail server Anda, namun jika pada smartphone Anda meminta port mana yang akan digunakan, maka Anda harus melakukan pengecekan terhadap mail server Anda, pada umumnya port yang digunakan adalah:

  • 110 POP3 tanpa SSL
  • 143 IMAP tanpa SSL
  • 993 IMAP dengan SSL
  • 995 POP3 dengan SSL

POP3pada smartphone yang saya gunakan, tidak ada isian untuk mengisikan port mana yang digunakan. Pada contoh diatas, server yang digunakan adalah mail.rhiel.id, server mail ini disesuaikan dengan mail server anda, misal saja menggunakan domain anda maka mail.domain.com. Atau Anda juga dapat menggunakan protokol SMTP, misalnya smtp.domainanda.com. Setelah itu, klik tombol next.

Setting TimeSetelah selesai konfigurasi email, jika berhasil maka akan muncul Account Option, ini adalah frekuensi refresh mail server, secara default akan melakukan pengecekan email dalam waktu 15menit sekali, Anda bisa merubahnya sesuai keinginan Anda, klik tombol Next > akan muncul isian nama atau identitas email Anda, kemudian klik tombol next > Selesai.

Setelah itu, buka aplikasi email pada smartphone Anda, cobalah mengirimkan email dan menerima email dari rekan Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

_rhiel_

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top