Cloud Hosting Indonesia
General Article

Cara Memainkan Game PS 1 di PC/Laptop

Siapa yang tidak mengenal Playstation 1? Mesin game lawas yang naik daun pada tahun 2000an, playstation 1 ini adalah game keluaran Sony Enterprise. Kadang keponakan/adik-adik kita ingin memainkan game pada laptop/pc mereka, dan tidak ada salahnya untuk menggunakan emulator PS1 ini. Karena emulator ini tidak perlu diinstal, hanya tinggal download kemudian jalankan. Emulator yang akan kita gunakan adalah EPSXe, emulator ini sudah lama ada di dunia pergaming-an.

Bagaimana cara menggunakannya?
Hal yang perlu dipersiapkan adalah:

Tokopedia CPS - Marketplace - Affiliate
  • Laptop/PC
    Spesifikasi minimum
    800Mhz 32-bit CPU
    256 MB of RAM
    Fast graphic card
    x16 CD-ROM
    Windows XP SP3
    DirectX 8 or OpenGL 1.0
  • USB Joystick
  • Iso Game/CD Game Ps1

Dalam kasus ini, admin menggunakan laptop sebagai medianya.
Langkah-langkahnya adalah

  • Download terlebih dahulu persiapan emulatornya,
    ePSXe pada saat artikel ini dibuat, versinya adalah 205.
    Bios
    Video Plugin download di Pete Website
    Download game, download di Emuparadise
  • Setelah keempat file tersebut siap, copy hasil zip tadi, dan simpan di C:/ agar lebih mudah untuk konfignya, kemudian extract hasil download sobat tadi.
  • Simpan file bios yang sudah di download tadi, kemudian copy/cut kedalam folder Bios dari folder ePSXe yang sudah di extract.
  • Sama halnya dengan Bios, extract dahulu video plugin ini setelah di download, kemudian copy/cut dan simpan di folder Plugin. Ingat ya sobat, ada kemungkinan aplikasi Emulator ini tidak berjalan, karena plugin tidak sesuai dengan Graphic Card yang kita miliki. Maka sobat harus berekplorasi mengenai hal ini.
  • Kemudian jalankan aplikasi ePSXenya, maka akan muncul jendela konfigurasi. Ikuti wizzard tersebut.
    sobat ikuti langkah-langkah yang muncul, diawali dengan tekan tombol Config, nanti akan muncul konfirmasi settingan default, kecuali pada saat pemilihan bios, pilih ke bios yang sudah kita download tadi.
  • Setting Video Plugin
    saat artikel ini dibuat, admin menggunakan Windows 10, sebetulnya plugin-plugin tertentu dapat digunakan dan dapat berjalan dengan baik. Namun kali ini, admin menggunakan Plugin P.E.Op.S. Soft GPU (Windows).
    dapat dilihat pada gambar diatas, admin menggunakan plugin dari P.E.Op.S. Soft Driver, dengan Resolusi Fullscreen 1024×768 Pixel dengan Color Depth 32.
  • Setting Joy Stick
    Pilih Pad sesuai Joystick nya, pada menu tersebut sobat akan menemukan jenis joystick, jika tidak sesuai pilih sesuai dengan joystick yang sobat miliki.
  • Selesai 🙂

Setelah itu, silahkan coba load game yang sudah di download tadi. Game dapat diload melalui File > Run Iso. Kemudian pilih .iso atau file .bin

pada ujicoba ini, admin mendownload game JackieChan, maka dipilih Jackie Chan Stuntmaster (USA).bin dan game akan langsung start.

Game sudah dapat berjalan dengan baik 🙂
Untuk mengganti game, tekan tombol ESC kemudian sobat download kembali game yang sobat pilih.

Terima kasih sobat!
Happy gaming!

_rhiel_

Blibli.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Cloud Hosting Indonesia