Cloud Hosting Indonesia
Basic Computing

Cara Melihat Backup WhatsApp di Google Drive

Apakah Anda pernah mengalami kejadian ‘chat hilang’ di whatsapp? Jika, iya, maka ini adalah suatu kewajaran yang terjadi pada diri Anda. Whatsapp benar-benar berperan penting dalam memperlancar komunikasi antarpenggunanya.

Media sosial yang satu ini dapat memfasilitasi segala bentuk komunikasi dengan sangat baik, mulai dari komunikasi keluarga, pertemanan/persahabatan, edukasi, dakwah, bisnis, sosial kemasyarakatan dan komunikasi penting lainnya. Riwayat chat tersebut pastinya sangat penting bagi Anda jika sewaktu-waktu dibutuhkan, namun Anda tidak pernah tahu apa kemungkinan terburuk yang bisa saja menimpa diri Anda, termasuk risiko ‘chat hilang’ (entah karena kepencet atau pembaharuan software tertentu pada smartphone Anda).

www.domainesia.com

Anda pasti merasakan pusing tujuh keliling apabila ‘chat hilang’ itu terjadi pada chat dengan seseorang atau kelompok yang isi pembicaraanya sangat penting. Anda pasti pernah melihat story medsos teman Anda yang kurang lebihnya bicara begini : “Mohon maaf seluruh chat whatsapp saya hilang semuanya karena hp sedang ke-reset. Silahkan chat saya kembali”.

Orang ini jelas kelihatan teledor dan tidak mempunyai etika yang baik. Mengapa? Sebab ia sudah melakukan kesalahan dengan tidak menyiapkan cadangan riwayat chat whatsapp, sudah begitu ia masih meminta orang lain yang pernah chat ke ia namun belum sempat dibaca apalagi dibalas untuk chat ulang. Orang lain yang mengetahuinya sudah pasti ada yang tidak berkenan karena ia merasa tidak dihargai oleh seseorang yang mengalami ‘chat hilang’.

Satu-satunya cara menanggulangi kerugian akibat ‘chat hilang’ tersebut adalah menyediakan backup (cadangan) chat-chat yang dirasa sangat penting.

Eits, menyediakan cadangan chat whatsapp tidaklah sama dengan mnnyediakan cadangan file pada umumnya ya. File (entah itu word, doc, pdf, ppt, exvel dan format apapun itu) sangat bisa dicadangkan di hardware (flashdisk, harddisk, sd card dan sebagainya) maupun software (google drive dan media pencadangan file lain yang sejenis), akan tetapi riwayat chat whatsapp tidak demikian.

Mengapa? Tentu saja karena riwayat chat whatsapp itu bukan file, sehingga tidak bisa dicadangkan di dalam hardware. Riwayat chat whatsapp hanya bisa dicadangkan di dalam software seperti google drive.

Mencadangkan riwayat chat whatsapp sebelum hilang dapat dilakukan dengan bantuan sistem yang ada pada whatsapp itu sendiri, yaitu pengaturan chat. Ada cara lain yang dapat digunakan, yaitu pencadangan otomatis pada riwayat chat whatsapp ke google drive.

Dilansir dari situs teknologi SurgaTekno, cara ini biasanya dilakukan oleh sistem whatsapp sendiri ketika penggunanya sedang tidur di malam harinya.

 

Cara untuk Melihat Backup Whatsapp di Google Dribe.

Anda tentu harus paham bagaimana cara mencadangkan riwayat chat whatsapp Anda sebelum Anda bisa melihat cadangan tersebut di google drive. Langkah mencadangkan chat whatsapp ke google drive dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Buka situs google drive pada browser. Anda bisa menggunakan google chrome atau mozilla firefox.
  2. Klik simbol tiga titik vertikal di sisi pojok kanan atas, lalu aktifkan tanda centang pada mode desktop.
  3. Arahkan kursor ke ikon setelan, kemudian pilih setelan. Hal ini tentu saja hanya bisa dilakukan setelah Anda memasuki mode dekstop.
  4. Jendela setelan akan muncul dengan sendirinya setelah Anda melakukannya. Klik menu kelola aplikasi dan cari aplikasi whatsapp.
  5. Nantikan proses loading sampai selesai, setelah itu Anda bisa melihat sendiri backup chat whatsapp. Biasanya backup ini meng-cover semua chat yang ada pada aplikasi whatsapp.

Gimana mudah bukan untuk Anda praktekkan sendiri? Semoga tutorial WhatsApp ini dapat membantu Anda untuk menemukan file backup chat WhatsApp di Google Drive. Apabila sudah menemukannya, silahkan pindahkan ke penyimpanan smartphone untuk dilakukan pengembalian riwayat chat.


Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top