Rhiel ID

Networking

Cara Install Mikrotik Router OS

Melanjutkan pembahasan mengenai Mikrotik Router OS. Kali ini kita akan membahas bagaimana caranya untuk melakukan instalasi Mikrotik Router OS.

Seperti yang sudah kita pelajari pada artikel sebelumnya, jika sobat sudah membeli mikrotik routerboard, maka OS sudah include didalamnya dengan Lisensi Level tertentu. Installasi OS ini adalah jika sobat tidak membeli routerboard. Maka sobat harus menyiapkan 1 PC untuk difunsikan sebagai Router OS yaitu Mikrotik.

Perlu sobat ketahui, PC ini hanya dipasang OS Mikrotik, dengan spek yang minim pun sudah dapat dipergunakan dengan baik. Kelebihan jika mikrotik diinstall pada PC adalah sobat dapat melakukan upgrading pada RAM maupun Processor juga memiliki penyimpanan data yang lebih besar yaitu harddisc. Namun kekurangannya adalah, konsumsi listri yang lumayan besar, karena pada kasus ini, sobat menggunakan sebuah PC Desktop sebagaii media Routernya. Router ini berupa server jaringan yang harus on setiap waktu.

Dari pengalaman admin, sebelum kami menggunakan mikrotik routerboard, kami menggunakan PC Mikrotik Router OS dalam waktu yang lama. Dengan spek pc standar yaitu pentium 4 dengan ram 1gb dan harddisc 40gb dengan 2 lan card. Kenapa 2 lan card? karena eth 1 akan digunakan untuk ISP dan eth 2 untuk layanan client.  Dengan spek seperti itu sudah mencukupi untuk menjalankan berbagai fungsi router. Jika membahas daya tahan, ini bergantung kepada spek pc dan kelistrikan pada instansi sobat.

Sudah mengerti maksudnya khan sobat?
jika sudah, mari kita mulai cara instalasi Mikrotik Router OS.

Langkah pertama adalah, download terlebih dahulu Mikrotik Router OS nya dihalaman

http://www.routeros.co.id/

kemudian, cari versi os yang sobat kehendaki. Kali ini admin mendownload versi terbaru, yaitu 6.0rc9, ini adalah versi terbaru dari Mikrotik.

silahkan download, jangan lupa sobat. Jika sobat mendonload OSnya saja. Maka lisensi adalah level 0 seperti yang kita ketahui level 0 ini adalah free atau trial hanya dalam waktu 24 jam, lumayan lah untuk belajar. Jika sobat ingin menggunakan OS ini dalam jangka waktu yang lama, silahkan sobat membeli lisensinya di mikrotik.co.id dan sesuaikan dengan kebutuhan instansi sobat.

Setelah didownload, silahkan burn file iso tersebut atau sobat dapat melakukan booting via usb, buatlah usb bootable. Setelah membuat bootable usb yang berisi Mikrotik Router OS, silahkan jalankan pc sobat.

pada gambar diatas adalah fitur-fitur mikrok os, jika sobat ingin menggunakans semua fitur, maka tekan tombol a untuk memilih semuanya, kemudian tekan tombol i untuk memulai instalasi mikrotik.

setelah sobat menekan tombol i, maka akan ada pilihan apakah akan menggunakan konfigurasi default? default ini adalah konfig dasar yang sudah disediakan oleh mikrotik. Jika ingin memulainya dari 0 maka tekan tombol N untuk no/tidak kemudian akan muncul pertanyaan tambahan tekan tombol Y untuk Ya.

sudah selesai, tinggal tekan tombol Enter untuk melakukan restart, lepaskan media instalasi sobat (usb/cdrom). Agar boot berjalan langsung ke mikrotik Router OS.

halaman login administrator, ini masih menggunakan username default mikrotik yaitu

username = admin
password =

password nya kosong, atau jangan diisi, langsung tekan tombol enter.
hingga sampai halaman ini, mikrotik sudah siap untuk digunakan 🙂
sobat bisa menggunakan CLI ataupun menggunakan Winbox. Setelah ini sobat harus memahami bagaimana cara konfigurasi mikrotik dengan baik dan benar.

Untuk melihat video tutorialnya silahkan lihat di Video Instalasi MikrotikOS

Demikianlah cara instalasi mikrotik Router OS nya sobat 🙂

Semoga bermanfaat, terima kasih

_rhiel_

 

Loading...
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Cara Setting Mikrotik Basic dari Awal hingga Akhir,memblog situs,dan memblog file – @fitriyah2000

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top