Rhiel ID

Operating System

Cara Instalasi VirtualBox di Windows

Sistem virtual sedang ramai belakangan ini, UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) pun menggunakan Virtual, selain itu virtualisasi juga digunakan untuk sistem server, zaman sekarang sudah banyak aplikasi atau sistem yang disimpan pada virtual. Ada banyak aplikasi virtual sekarang ini, windows pun mengeluarkan sistem virtualnya yaitu Hyper-V.

Pembahasan pada kali ini adalah sistem virtalisasi dengan menggunakan VirtualBox, apa itu VirtualBox?

VirtualBox adalah software untuk menjalankan sistem virtualisasi, yang dapat digunakan untuk menjalankan sistem operasi tambahan dalam sistem operasi utama. Misalnya, jika sobat memiliki windows, diinstal virtualbox maka sobat bisa menjalankan sistem operasi lain, misalnya linux. Aplikasi ini sangat penting bagi dunia pendidikan, juga dunia IT (penyedia layanan datacenter/hosting, dst).

Sebetulnya VirtualBox ini sudah dikembangkan oleh Innotek HmbH pada tahun 2008, yang kemudian diakuisisi oleh Sun Microsystem, tapi akhirnya Oracle mengakuisisi Sun Microsystem. Jadi bingung khan? intinya adalah VirtualBox sekarang adalah milik Oracle.

Biar tidak bingung, lihat pada gambar berikut ini:

pada gambar diatas adalah linux berjalan dalam windows yang diinstal virtualbox, dan virtualbox tersebut sebagai “rumah” dari Linux. Paham khan? ok lanjut. VirtualBox ini bisa difungsikan sebagaimana Hostnya, atau induknya. Sobat bisa setting jumlah processor, jumlah harddisc, vga dan juga NIC Card nya. Yang uniknya adalah pada NIC Card, jika sobat memahami konfigurasi jaringan maka pastilah mudah dalam memanfaatkan fungsi dari NIC ini. Fungsi dari NIC ini contohnya bridge, Nat. Memanfaatkan fungsi dari NIC ini sangat berguna bagi Networker untuk ujicoba konfigurasi jaringannya.

Sekarang, bagaimana kita mendapatkan dan memasangnya pada mesin kita? pada pembahasan ini, host/rumah yang akan digunakan adalah Windows. Bagi sobat yang menggunakan OS lain, silahkan disesuakan dengan OSnya.

  1. Download dahulu software VirtualBoxnya, pada saat artikel ini dibuat adalah VirtualBox 5.1.20 platform. Silahkan sobat download di https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads atau klik link Ini.
  2. Setelah didownload, silahkan doubleklik pada VirtualBox tersebut. 
  3. Maka akan muncul proses instalasi VirtualBox, klik next
  4. Kemudian akan muncul pilihan feature, default ceklist semuanya kemudian tunggu hingga selesai instalasi.

     

  5. Selesai instalasi, aplikasi VirtualBox sudah siap digunakan.

Nah itulah sobat, tutorial bagaimana cara instalasi VirtualBox pada Windows, untuk berikutnya kita akan mulai membahas mengenai penggunaan VirtualBox tersebut.

Biar lebih jelas simak video pada link berikut.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top