Cloud Hosting Indonesia
General Article

Cara Instalasi LMS Moodle di Webhosting Menggunakan Softaculous

Moodle adalah salah satu LMS elearning terbaik yang populer saat ini. Moodle dapat digunakan untuk pembelajaran berbasis digital yang sudah support multiuser dan multi device. Anda bisa belajar menggunakan smartphone Anda dimanapun dan kapanpun.

Kali ini kita akan mulai membangun portal elearning tersebut. Moodle bisa diinstal secara manual dan otomatis. Instalasi manual misalnya diinstal di server lokal Anda, atau diinstall di media penyimpanan/hosting Anda.

Pada artikel ini, akan dijelaskan bagaimana cara instalasi LMS Moodle di Webhosting yang Anda miliki. Saat ini, saya menggunakan jasa hosting Niagahoster yang sudah support softaculous. Pada penyedia layanan lainnya harus dicek terlebih dahulu, apakah sudah ada atau tidak.

Mari kita mulai. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat subdomain. Agar tidak tumpang tindih dengan website utama kita. Misalnya kita akan membuat subdomain lms.rhiel.id.

Masuk ke cpanel Anda, kemudian cari menu Subdomain, dan buatlah subdomain baru dengan nama “LMS”.

Jika sudah, silahkan klik tombol create. Secara otomatis, subdomain akan dibuat oleh sistem. Setelah itu, kembali ke halaman utama. Kemudian cari menu Softaculous dan buka aplikasi tersebut.

Setelah terbuka, cari kategori Education > Moodle

Rekomendasi saya adalah gunakan yang terbaru, pada saat artikel ini dibuat. Versi moodle adalah 3.8.2 dan ini harus menggunakan php versi 7.0 keatas. Jika hostingan anda menggunakan versi dibawah itu. Saya sarankan menggunakan versi moodle yang dibawahnya. Agar tidak merusak aplikasi website lainnya dalam satu hostingan.

Klik tombol install Now. Maka akan muncul form isian untuk detail moodle

Isi Site Setting, Admin Account, dan pilihan bahasa. Jika sudah, klik tombol install dan tunggu proses instalasi sampai selesai. Jika Anda mendapatkan error.

Could not access your domain. Please make sure your domain is pointing to this server and there is no .htaccess file restricing access to your domain

Ini adalah firewall Anda, misalnya cloudflare atau yang lainnya. Maka Anda harus membuat A record dan tambahkan informasi subdomain yang sudah dibuat. Untuk penambahan subdomain, biasanya membutuhkan propagasi, dan harus menunggu hingga subdomain sudah selesai propagasi.

Jika sudah siap semuanya, silahkan akses subdomain yang telah Anda buat.

Portal sudah siap, dan lakukanlah management portal elearning Anda.

Ada kesulitan? silahkan gunakan jasa kami untuk membantu instalasi dan memulai membangun portal elearning di institusi Anda, dan kami merekomendasikan untuk menggunakan spek server yang sedikit lebih tinggi jika akan digunakan secara bersamaan dalam jumlah banyak. Misalnya cloud hosting (manage) atau vps (unmanage)


Terima kasih

_rhiel_


Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top