Cloud Hosting Indonesia
Networking

Cara Copy Data Dari Smartphone Android Tanpa Kabel

Memang repot ketika kita akan mengambil data di smartphone android kita dan kemudian tidak ada kabel data. Sebetulnya bisa saja menggunakan Cloud storage. Bisa saja Anda menyimpan datanya di cloud storage di smartphone Anda, kemudian Anda bisa membukanya melalui folder yang sudah di sync dengan folder pada pc/laptop Anda.

Namun, bagaimana juga jika tidak punya cloud storage? dan tidak ada kabel? selain melalui bluetooth Anda juga menggunakan mode peering dengan memanfaatkan ftp services dari smartphone Android Anda.

Apa itu FTP?

FTP adalah file transfer protocol, merupakan standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan. FTP bisa digunakan untuk mengakses folder dan file pada suatu alat tertentu yang diberikan akses.

Pada sistem web hosting selain menggunakan file manager, biasanya digunakan untuk mengirimkan data web ke media hostingan. Namun ternyata pada smartphone pun bisa dimanfaatkan juga.

Lalu bagaimana caranya?

Ketika akan menggunakan ftp services ini, laptop/pc dan smartphone Anda harus dalam 1 jaringan. Atau jika tidak ada wifi/jaringan pada saat itu. Anda bisa menggunakan tethering dari smartphone Anda.

Saat ini saya menggunakan smartphone biasa saja, menu ini ada pada file manager

Klik icon tersebut, kemudian akan muncul halaman aktivasi FTP services, kemudian klik Start Service

Setelah Service berjalan, terlihat pada layar detail IP dan port yang digunakan untuk memulai transfer data antara dan dari smartphone ke laptop/pc. Buka Explorer pada laptop/pc anda, kemudian ketik sesuai dengan ip dan port yang diberikan.

Pada kondisi ini saya akan membuka alamat pada kotak isian url pada explorer.

ftp://10.10.1.6:2121

Kemudian klik enter, maka Anda bisa langsung terkoneksi dengan ftp server Anda (smartphone)

Folder tree pada smartphone Anda sudah muncul 🙂 Anda bisa bertukar file pada tampilan tersebut. Jika telah selesai menggunakannya, jangan lupa untuk menghentikan FTP Service ini, dengan mengklik tombol Stop Service pada smartphone Anda, untuk menghindari akses yang tidak sah.

Selamat menggunakan fitur FTP 🙂

Terima kasih

_rhiel_


Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top