Begini Cara Menggunakan Opera Free VPN di Android!

0
62

Opera sudah memasangkan fitur VPN gratisnya dalam versi desktop, nah kali ini sudah merambah ke aplikasi smartphone. Bagi Anda yang ingin mencoba Opera Free VPN versi desktop silahkan cek artikel berikut Opera Browser Terintegrasi VPN Gratis Untuk Penggunanya. Pada awalnya VPN ini hanya tersedia hanya untuk versi developer atau pengembang. Namun Opera akhirnya membukanya ke public agar dapat dipergunakan oleh khalayak pengguna internet.

Virtual Private Network (VPN) adalah tool yang berfungsi untuk mengamankan koneksi yang bersifat private dengan lalu lintas data yang dienkripsi. Tool ini dipakai untuk merubah alamat IP asli menjadi alamat IP tujuan server. Biasanya digunakan untuk meloloskan dari blokiran ip, atau bagi para teknisi jaringan digunakan untuk membuat jalur khusus terhadap suatu server.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai penggunaan opera free vpn pada Android, sebetulnya banyak sekali penyedia layanan vpn gratis ini. Kenapa memilih opera? karena jaringan kita akan dititipkan ke suatu server, maka opera adalah salah satu pilihan yang dapat dipercaya untuk kenyamanan dan keamanan lalu lintas internet Anda. Selain VPN, aplikasi ini juga miliki 2 tool khusus keamanan yaitu test keamanan wifi yang Anda gunakan dan memblokir Ad Tracker.

Read:   13 Emulator Android Terbaik Tahun 2017

Perlu Anda ketahui sebelumnya, pada modem tertentu atau isp tertentu, vpn ini tidak dapat digunakan karena masalah keamanan isp tersebut tentunya, atau bahkan pada router yang kita gunakan fitur VPN nya tersebut tidak diaktifkan. Cara sederhananya adalah, Anda konfig pada router Anda dan aktifkan fitur bypass VPN tersebut.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, menginstall aplikasi Opera Free VPN. Atau klik pada link berikut ini:

Opera Free VPN – Unlimited VPN

Apk

Lakukan instalasi pada Android Anda, jika sudah selesi menginstallnya klik tombol open atau pada Icon Opera Free VPN akan muncul pada halaman awal Android Anda. Buka aplikasi tersebut, pada awalnya VPN tidak akan terkoneksi, agar dapat terkoneksi secara otomatis, Anda dapat mensettingnya pada menu Setting > Force Opera VPN to Keep Running > ON dan Turn Opera VPN on After Restart > On.
StartUpGambar diatas menunjukkan bahwa VPN sedang tidak aktif, untuk mengaktifkannya klik tombol Connect, dan tunggulah beberapa saat. Akan ada jeda waktu ketika Anda mengkoneksikannya dengan server VPN Opera, sistem akan secara otomatis melakukan pengecekan terhadap server yang optimal untuk jaringan Anda.
Success!
Nah pada gambar diatas menunjukkan bahwa jaringan smartphone Anda sudah terkoneksi ke server Singapura, Anda dapat mencoba browsing untuk melakukan ujicoba apakah internet Anda dapat digunakan dengan normal?.
Test
Hasil ujicoba koneksi VPN ke Singapura, berjalan dengan baik tanpa kendala. Koneksipun berjalan dengan normal, mungkin karena optimasi dari sistem VPN nya itu sendiri yang terbaik adalah server yang paling dekat. Anda dapat mencobanya dengan menggunakan https://whatismyipaddress.com/.
Jika Anda ingin mencoba server yang lain, Anda dapat melakukan pemilihan server tersebut secara manual, yaitu dengan klik tombol Change Region.
Change RegionAnda dapat memilih negara sesuka Anda. Setelah dipilih seperti biasa, Anda harus mencobanya terlebih dahulu. Karena besar kemungkinan, server yang Anda pilih tersebut memiliki latency internet yang besar, yang akan membuat koneksi internet Anda melambat. Selain itu, terdapat 2 tab pada tampilan Opera Free VPN, fungsinya adalah Tab tengah (kedua) untuk melakukan test keamanan wifi Anda, dan yang paling kanan (ketiga) adalah untuk mengaktifkan Guardian atau tool keamanan yang diberikan oleh Opera Free VPN untuk menjaga dari serangan Ad Tracker.

Demikianlah cara menggunakan Opera Free VPN untuk Android, semoga bermanfaat.
_rhiel_

Read:   Mengenali Youtube Red dan Fitur-fiturnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here