All for Joomla All for Webmasters
Blogging

Bagaimana Posting Artikel di Blogger?

Melanjutkan pembahasan mengenai Blogger. Bagi para pemula, mengetahui cara posting artikel di blogger itu sangat penting, agar artikel dapat dibaca oleh public, pada umumnya, cara penulisan pada blogger itu sama saja dengan menulis pada Ms. Word, sobat bisa insert gambar, memformat teks (bold, italic, underline), insert video, dst.

Tips sederhananya, judul harus mudah dibaca dan dicari agar dapat memudahkan user menemukan artikel sobat, dan jangan lupa, harus menentukan kategorinya atau kalau di blogger itu disebut label untuk memisahkan artikel sesuai kategorinya. Oh iya sobat, Blogger ini adalah salah satu pemanfaatan teknologi Cloud Computing 🙂

Dibawah ini akan dibahas secara ringan agar dapat dimengerti dengan mudah.

Mari kita mulai blogging!
Pertama-tama, harus sudah login dahulu di bloggernya, kalau belum login dahulu.
Kemudian pilih menu Post, lihat pada gambar.

Kemudian pilih tombol New Post pada bagian atas, itu ada tombol untuk memulai membuat artikel pada blogger. Bagaimana tampilannya untuk memulai pengetikan artikel ini?

Lihat pada gambar berikut.
Keterangan:
Judul = Sesuai namanya, diisikan dengan judul artikel yang akan dibuat misalkan Cara Membuat Blog. Hindari Penulisan judul yang terlalu panjang atau ribet.

Format Tulisan = Digunakan untuk mengelola format teks yang akan sobat masukkan, toolbar ini sudah umum digunakan, pastinya sudah memahami mengenai bagaina cara menebalkan huruf, merubah warna huruf dll.

Manajemen Posting = Digunakan untuk mengontrol artikel sobat, bisa di save terlebih dahulu jika belum selesai, lihat dahulu (preview) atau langsung publish. Artikel yang dibuat dapat di edit kembali nantinya, sesuai dengan kebutuhan.

Setting Artikel = Terdapat beberapa menu, yaitu Label ini wajib sebagai pemisah antar artikel nantinya, misalkan di masukan label Info Terkini, Tutorial dll. Menu Schedule digunakan untuk posting terjadwal, misal artikel sobat akan diposting besok atau kapapun. Permalink adalah url artikel sobat, biarkan saja automatic agar sesuai dengan ketentuan blogger. Location digunakan jika sobat ingin memberikan info lokasi sobat ketika melakukan posting, Option digunakan untuk kontrol comment diizinkan atau tidak, kemudian cara penulisan, dan tag untuk Break Line (alenia baru)

Workspace (area kerja) = Tempat untuk melakukan pengetikan atau input artikel sobat. Seperti yang sudah dibahas, dapat dimasukan multimedia, misalkan input gambar, sobat tinggal pilih icon Gambar (pigura) kemudian melakukan uploading gambar sobat, yang kemudian dapat dipilih untuk digunakan dalam artikel sobat, nah bagaimana untuk input video? untuk insert video, terdapat berbagai cara juga, sama halnya dengan insert picture, sobat dapat upload langsung, atau dari youtube. Jika pilihannya dari youtube, sobat hanya tinggal paste url video yang akan dimasukkan.

Nah, sangat mudah khan?
Silahkan dicoba, jika sudah silahkan coba publish artikel sobat 🙂

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top