All for Joomla All for Webmasters

Rhiel ID

Basic Computing

Display Setting dan Merubah Resolusi di Windows 10

Tampilan ukuran pada layar monitor tidak kalah penting untuk memberikan kenyamanan dalam menggunakan komputer. Maka kita harus merubah resolusi layar yang direkomendasikan sesuai dengan VGA card yang kita gunakan.

Setiap sistem operasi memiliki konfigurasi khusus untuk merubah resolusi layar. Termasuk Windows 10, tampilan yang mengagumkan dari windows versi 10 ini memberikan kenyamanan dan kecepatan bagi penggunanya.

Adanya kemunginan perbedaan resolusi pada windows 10 adalah vga card/graphic card yang kita gunakan. Ukuran tersebut nanti bisa Anda lihat pada pilihan perubahan resolusi layar.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai bagaimana caranya untuk merubah resolusi layar pada Windows 10 dan fasilitas apa saja yang dimiliki oleh Windows 10 dalam konfigurasi display.

Display Setting di Windows 10

klik kanan pada desktop kemudian pilih Display SettingDesktopKemudian akan terbuka jendela baru, yang berisi

  • Perubahan Kecerahan layar
  • Mode Night Light
  • Ukuran huruf
  • Skala dan Posisi
  • Konfigurasi jika terhubung dengan layar ke 2 (monitor/projector)

Brightness and Color

Pada konfigurasi ini Anda dapat merubah kecerahan layar monitor Anda, dengan menggeser point pada garis lurus, kemudian adanya tambahan fasilitas dari windows 10 untuk mode malam, mode malam ini akan berubah secara otomatis jika di aktifkan, layar akan menjadi lebih redup (warm) yang dapat Anda rubah sesuai keinginan Anda.

Konfig

Scale and Layout

Pada bagian ini, adalah konfigurasi untuk pembesaran ukuran huruf, resolusi dan tampilan layar (Landscape/Portrait).

Anda dapat merubah ukuran huruf pada pilihan Change Size Text.
SizeDapat dilihat pada gambar diatas, ada 2 pilihan yaitu 100% dan 125%. Gunakan ukuran yang direkomendasikan oleh Windows 10. Kemudian untuk merubah resolusi layar, klik tanda panah pada kolom ukuran resolusi, maka akan muncul pilihan ukuran yang dapat Anda pilih.

ResolutionPada komputer yang saya gunakan, ukuran layar yang direkomendasikan adalah 1366×768 pixel. Ukuran ini kemungkinan berbeda-beda karena menyesuaikan dengan vga card yang digunakan. Anda dapat memilih ukuran yang sesuai dengan layar monitor Anda. Cobalah merubah ukuran resolusi tersebut, setiap perubahan akan melakukan konfirmasi:

Konfirm

Ketika proses konfirmasi perubahan ukuran, layar akan langsung menyesuaikan dengan ukuran yang Anda pilih, tekan keep changes untuk menerapkan konfigurasi atau klik tombol revert untuk mengagalkan konfigurasi.

Perlu Anda ketahui, setiap layar dan vga card memiliki ukuran-ukuran yang berbeda, Anda harus menyesuaikannya dengan layar yang Anda gunakan, gunakanlah ukuran yang sesuai dan membuat Anda nyaman ketika mengoperasikan komputer. Jika layar masih tidak sesuai misalnya layar seperti melebar, ada kemungkinan driver display Anda belum diinstal, lakukan instalasi driver yang sesuai dengan vga Anda.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top