Cloud Hosting Indonesia
Blogging

Bagaimana Menulis Konten Yang Menarik?

Konsen dan tetap fokus terhadap konten yang menarik adalah suatu keharusan. Jika website Anda ingin populer di top page nya search engine khususnya google, maka Anda harus membuat konten yang berkualitas dan bermakna bagi pembacanya. Anda harus mengalokasikan waktu untuk bekerja dengan baik untuk membangun konten yang berkualitas, karena konten yang berkualitas akan membuat branding website Anda menjadi lebih baik.

Anda dapat saja membuat konten seadanya, namun akan merugikan Anda sendiri, dan presentasi bounce pasti akan meningkat. Karena sedikitnya informasi yang didapat ada kemungkinan tidak sesuai yang diinginkan pembaca. Bagi Anda seorang publisher, pastilah ingin meningkatkan traffic dan peringkat SEO bagi website Anda.

Search Engine akan membantu Anda dalam meningkatkan peringkat jika Anda menulis konten tersebut secara orisinil. Google khususnya akan memberikan penalti pada suatu situs yang memiliki konten duplikat, disisi lain google justru akan memberikan reward kepada situs dengan kualitas yang tingi yang memiliki konten orisinil didalamnya. Maka konten yang menarik itu tidak hanya membuat website menjadi lebih menarik, juga berdampak pada bisnis Anda. JAnda ingin mendaftar sebagai publisher google AdSense, pastilah akan sangat mudah karena konten sudah memadai, karena salah satu komponennya adalah menulis konten yang berkualitas. Silahkan baca Langkah Jitu Diterima Google AdSense.

Sesuai pengalaman pribadi, awalnya saya juga membuat artikel biasa-biasa, namun kini saya menyadari bahwa kepuasan pembaca akan menilai website saya lebih baik. Dalam hemat saya, saya selalu berfikir bagaimana caranya ketika saya membuat suatu artikel dapat bermanfaat dan dapat memberikan jawaban bagi pembaca. Salah satunya adalah saya menggunakan konsep “5w 1H”. Berangkat dari konsep itu, dapat dengan mudah saya mengembangkan suatu artikel. Apapun alasannya, baik hanya sebagai hobi atau untuk bisnis, pembangunan konten yang berkulitas harus tetap dijalankan.

Tips Membangun Konten Yang Berkualitas

  • Judul Unik dan konten yang Orisinil
    Dengan judul yang menarik, pastilah mengundang user untuk membaca isinya. Buat judul yang tidak memusingkan pembaca terutama buatlah judul sesuai dengan apa yang biasa kita cari atau user cari. Ini dapat membantu search engine khususnya google dapat dengan cepat menampilkan pada halaman hasil pencarian. Biasanya judul ini dapat anda cari juga dengan metode research keywords. 
    Seperti yang sudah disebutkan juga pada paragraf atas, konten yang orisinil akan membuat website Anda meningkat. Jika menjiplak begitu saja, pastika akan menurunkan nilai website Anda dalam mesin pencarian google. Orisinil disini adalah orginialitas, yaitu ide dan isi nya. Anda dapat mengambil judul dan isi dari website lain sebagai referensi Anda dalam menulis sebuah konten, kembangkan menurut pemikiran dan kreatifitas Anda. Namun perlu diperhatikan juga keabsahan artikel tersebut, apakah sumber yang diambil ini memiliki otoritas? dan jangan lup jika Anda mengambil banyak referensi atau sumber, cantumkan pada akhir artikel sebagai informasi pengambilan data dan berikan apresiasi berupa backlink kepada si website aslinya.
  • Dapat Memberikan Jawaban, Informasi Yang Benar dan Akurat
    Kembali kepada aturan awal, yaitu “5w dan 1h” ini akan berdampak sangat efektif jika Anda memenuhi kriteria tersebut. Pembaca mencari suatu informasi melalui mesin pencari, yang kemudian menemukan satu artikel dan pastilah pembaca tersebut menemukan suatu jawabannya. Dengan konten yang benar dan akurat, sudah tentulah konten Anda berkualitas dalam segi informasi yang diberikan, kepuasan terhadap pembaca akan tercapai.
  • Membangun layout yang menarik, menambahkan gambar ilustrasi atau Video
    Bagaimana jadinya jika tulisan atau layout artikel Anda tidak tersusun rapi? dengan huruf besar dan kecil yang semrawutan? atau dengan warna-warni yang mencolok? pastilah tidak nyaman untuk membacanya. Jadi ingat pada tahun-tahun sebelumnya, banyak blog yang memberikan plugin/perias pada jenis fontnya atau pada cursor mouse yang gemerlap bintangnya. Boleh saja digunakan namun harus tetap mudah untuk dibaca dan tidak membuat mata lelah. Dengan menambahkan feature image (cover) atau ilustrasi berupa video atau gambar, akan lebih memperjelas mengenai apa yang Anda terangkan pada artikel tersebut.

Setelah memenuhi kriteria diatas, selanjutnya adalah tetap berkomitment untuk selalu melakukan Update informasi/menulis kembali informasi apa yang akan Anda sampaikan selanjutnya. Situs-situs dengan konten yang bagus, selalu melakukan updating dan tetap mengurusnya secara berkala dan hal ini akan memiliki dampak positif, yaitu memiliki pengunjung setia dan traffic pengunjung akan semakin banyak.

_rhiel_

Cloud Hosting Indonesia

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Cloud Hosting Indonesia