All for Joomla All for Webmasters

Rhiel ID

Blogging

Bagaimana Menggunakan Blogger?

Setelah sobat memahami dan melakukan proses awal membuat blog dengan blogger, sekarang kita akan melanjutkan untuk mengenal interface dari blogger itu sendiri. Mengingat kembali, jika sobat menggunakan blogger sebagai platform blog sobat, maka domain sobat akan ditambahkan dengan domain utamanya yaitu blogspot.com <- itu umumnya, jika sobat berada di indonesia, maka domain akan berubah otomatis menjadi blogspot.co.id dimana co.id ini adalah domain indonesia, itu berarti domain akan berubah sesuai dengan negaranya masing-masing.

Oke, kita lanjut kenalannya dengan interface blogger.

Silahkan login di halaman blogger.com jika sobat sudah memiliki akun, tinggal login, jika belum silahkan buat akun google terlebih dahulu.

Jika sudah, silahkan login sobat akan bertemu dengan aplikasinya blogger. Perlu sobat diketahui, sekarang ini adalah penyempurnaan fitur yang diberikan oleh google, penyempurnaan tersebut mulai dari halaman penulisan atau halaman posting, kemudian dari penanganan uploading gambar implementasi google docs, penyimpanan draft, juga toolbar khas google yang elegan.

Baiklah sobat, perhatikan gambar berikut.
Nah, seperti inilah tampilannya sobat 🙂
Sangat elegan dan ringan sekali kalau dibuka. Dapat dilihat pada sidebar kiri, terdapat beberapa menu. Mulai dari New Post, View Blog Dll. Menunya lumayan banyak, mari kita bahas satu persatu. Sebelumnya akan dibahas dahulu mengenai Post dan Page, terkadang rekan admin sendiri bingung mengenai mana post, mana page.

Perbedaan Post dan Page.
Post = Artikel yang akan kita buat, tampilannya akan berupa blog yang dikaitkan dengan Label atau Kategori yang sudah ditentukan.
Page = Satu Halaman yang biasanya digunakan untuk static page, misal kontak, profil, dll.

Sudah jelas ya. Jadi sangat berbeda antara post dan page. Kali ini sebagai contoh, admin membuat domain sarindik.blogspot.com masih kosong 🙂

Kembali ke interface.

News Post

Tombol ini adalah shortcut atau jalan pintas untuk memulai memasukan artikel, tombol itu akan hilang secara otomatis jika sobat memilih menu yang lain, untuk menampilkannya lagi pilih menu Posts.

Stats

Menu ini berfungsi sebagai layanan lalulintas blog sobat, sobat bisa mendapatkan jumlah dari pengunjung ke blog sobat. Sangat detail sekali, sobat bisa melihat berdasarkan pengunjung harian, kemarin, bulan lalu, dan melihat total pengunjung secara keseluruhan. Selain jumlah pengunjung, sobat bisa melihat artikel mana yang paling banyak dikunjungi oleh user, kemudian dapat melihat traffic sources atau asal lalulintas blog ini berarti link dari luar yang merujuk ke blog sobat, biasnya berupa media partner atau link dari luar. Tidak kalah penting, demografi dari pengunjung blog sobat.

Comments

Menu ini berfungsi untuk mengelola komentar yang diposting pada artikel, komen sistem ini dapat di konfigurasi agar aktif atau nonaktif pada artikel yang sobat post. Terdapat toolbar, sobat dapat menghapus komentar dan menandainya sebagai spam (sampah, contoh iklan aneh)

Earnings

Halaman ini adalah layanan untuk dikoneksikan dengan google ads (iklan dari google). Sobat dapat memonetisasi blog sobat, dengan cara menampilkan iklan. Layanan ini tidak dapat langsung diaktifkan, karena untuk penayangan iklan dan memulai mendapatkan penghasilan, ada syarat dan kebijakan tertentuk dari google sebagai pihak penyedia iklan. Mengenai Google Adsense akan dibahas detail pada artikel berikutnya.

Campaigns

Pada halaman berikut ini, adalah kebalikannya dari Earnings, Earnings berarti iklan dipasang pada blog kita, Campaigns berarti kita mengiklankan blog kita keluar, pada menu Campaigns ini, Campaigns ini dikenal dengan nama Google AdWords adalah layanan dari Google untuk mengiklankan produk sobat. Untuk memulai AdWords ini, sobat akan dikenakan biaya untuk penayangan iklan sobat. Jika sobat akan memulai untuk mengiklankan, klik tombol start dan sobat akan dialihkan ke halaman adwords. Lihat pada gambar dibawah.

Pages

Menu pages seperti yang sudah disebutkan diatas, ini adalah halaman statik (tapi bisa diedit), statik ini dimaksudkan untuk halaman yang sudah fix misal About, Produk, Sitemap, Kontak. Pages tidak dikaitkan dengan Labels atau Categori, pada permalink urlnya terdapat huruf /p/, contohnya p/sitemap.html

Layout

Halaman ini berfungsi untuk menelola widget atau plugin tambahan pada blog sobat, misalnya widget follow socmed, penambahan gambar, widget popular post, dan lain-lain. Sobat dapat menambahkan atau mengurangi widget/gadget yang sudah terpasang pada blogsobat.

Theme

Pada menu ini, sobat dapat mengelola layout atau tampilan dari blog sobat, bisa menggunakan tampilan default atau layout yang sudah diberikan oleh blogger, ada pada area bawah, tinggal scroll untuk mencari layout yang sesuai keinginan sobat, sobat dapat merubah layout tersebut dengan menggunakan tombol customize, maka akan muncul layar untuk mengelola layout sobat, lihat pada gambar:

nah, terlihat ada beberapa menu untuk mengelola layout sobat, dari perubahan background, warna, gadget, jenis layout dan fungsi lainnya. Perlu diketahui, pada menu Layout tersebut, sobat juga dapat mendownload dan upload ke halaman tersebut jika sobat ingin menggunakan layout dari pihak luar.

Settings

Pada menu ini, terdapat sub menu yaitu basic, post comment and sharing, email, language, search perferences, other dan user setting. Fungsi sub menu tersebut untuk konfigurasi dari blog sobat, misalnya untuk menampilkan artikel dalam halaman utama ada berapa banyak, perubahan domain, bahasa dan pengelolaan user.

Menu lainnya pada blogger adalah

Reading list dan Help, menu ini berfungsi sebagai media sharing dari blogger lainnya, sobat bisa follow blog rekan lainnya. Kemudian tombol Help, sesuai dengan namanya, akan muncul jendela baru untuk memulai pencarian artikel bantuan jika sobat ada yang tidak dimengerti dalam penggunaan blogger.

Sudah semua dibahas mengenai fungsi menu dan isinya, nah untuk pendalaman mengenai apa dan bagamana menu itu difungsikan, akan dibahas pada artikel blogger selanjutnya.

Terima kasih sobat 🙂
Semoga bermanfaat.

 

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top