All for Joomla All for Webmasters
Blogging

Bagaimana Mengganti Theme di Blogger?

Tampilan/interface adalah salah satu komponen penting dalam pembuatan website, bagaimana jika website sobat terlalu ramai atau penggunaan warna yang terlalu banyak/mencolok. Tapi tergantung selera juga, untuk merubah theme ini, jika sobat menggunakan theme default, maka tinggal konfig saja mau seperti apa tampilannya.

Tampilan blog ini selain menambah keindahan, bisa juga sebagai penarik perhatian bagi pengunjung, dilengkapi dengan navigasi yang sesuai. Dilengkapi dengan artikel/konten yang menarik juga tentunya.

Template blog ini bisa sobat edit sesuai keinginan sobat, jika belum bisa melakukan pengeditan, sobat bisa mendownloadnya pada situs-situs penyedia theme blogger yang gratis. Misalkan btemplates, gooyabitempaltes, mybloggerthemes dan lain sebagainya. Theme ada yang gratis ada juga yang berbayar, tergantung sobat mau yang mana.

Pada kali ini, saya menggunakan theme dari BTemplates, caranya adalah sobat membuka website btemplates, kemudian silahkan cari theme yang sobat sukai.


nah pada website tersebut, saya pilih GreatMag karna terlihat sederhana, klik tema tersebut dan akan muncul halaman detailnya, kemudian silahkan download, lihat pada gambar:
File hasil download berupa paket .zip kemudian lihat pada folder download sobat, cari file GreatMag kemudian klik kanan > Extract

Maka sobat akan mendapatkan beberapa file hasil dari extract tersebut, setelah itu kembali ke blogger, kemudian cari menu Theme, kemudian klik Backup/Restore. Lihat pada gambar.
Setelah pilih tombol Backup/Restore akan muncul halaman Backup/Restore, sobat pilih tombol Choose Folder > kemudian masuk ke folder Theme yang sudah di download tadi. Yang dipilih adalah filename.xml. Kenapa file xml ini yang diupload, jika sobat buka file tersebut dengan notepad, maka akan terlihat script-script css, html, javascipt, dst. File itulah yang mengatur tampilan blog kita.
jika sudah klik upload, dan theme baru sobat sudah dapat dilihat pada preview Live on Blog, untuk melihatnya klik tombol View Blog, dan sobat akan mendapatkan hasil theme yang sudah sobat upload.

oke, done ๐Ÿ™‚
Selamat, tampilan blog sobat sudah berubah. Nah langkah selanjutnya, setelah post, page dan template, sobat sudah siap untuk membuat menu dan kelengkapan lainnya.

Kita bertahap dahulu saja ya sobat ๐Ÿ™‚
Selamat bereksplorasi.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top