All for Joomla All for Webmasters
Basic Computing

Bagaimana Mengembalikan File Yang Disembunyikan Oleh Virus?

Tidak jarang rekan kerja menanyakan mengenai file yang disipan pada Flash Drive kemudian masuk ke salah satu laptop/pc orang lain dan menghilang filenya. Ini adalah aktifitas yang dilakukan oleh virus untuk menyembunyikan file-file dalam Flash Drive.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana untuk menampilkan kembali file Anda yang tiba-tiba menghilang bukan diformat atau dihapus. Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu properties flash drive Anda tersebut. Dengan cara klik kanan > Properties.

Dari gambar diatas, dapat dilihat file yang muncul hanya shortcut, namun ada file didalamnya dengan kapasitas 18,2Mb. Berarti file yang asli itu masih ada namun disembunyikan. Bagaimana untuk memunculkannya?

Untuk memunculkannya sebenarnya mudah, scriptnya adalah menggunakan command prompt. Tekan tombol Windows + R bersamaan, akan muncul jendela Run kemudian ketik CMD dan tekan tombol Enter, setelah itu Anda cek berada di Drive manakah flash drive Anda? misalkan pada drive E:, maka ketik E:

CMDtampilan diatas kita sudah masuk pada Drive E: setelah itu, ketik script berikut

setelah itu klik tombol Enter. Tunggu beberapa saat, lama atau tidaknya tergantung dari jumlah file yang ada pada flash drive Anda, jika file banyak maka akan semakin lama. Sekarang cek kembali flash drive Anda.

ShowLihat pada gambar diatas, folder Dokumen sudah muncul kembali, stelah itu jangan lupa hapus folder Shortcut atau file aneh yang muncul sendirinya.

Dengan cara diatas, Anda sudah dapat mengembalikan data Anda yang bersembunyi, script tersebut juga dapat digunakan untuk menampilkan file yang di Hidden / Disembunyikan. Script diatas dapat dimodifikasi agar lebih mudah lagi, silahkan cek script berikut ini:

copy script diatas, kemudian pastekan dengan menggunakan notepad, dan save dengan nama apapun, misalnya Show Hidden File.cmd, pilih save as type nya dengan All File. Untuk menggunakannya, sangat mudah jalankan aplikasi tersebut kemudian masukkan drive lokasi flash drive itu berada kemudian tekan enter. Jika bingung untuk membuatnya silahkan download pada link berikut ini:
rhiel.id Show Your Hidden File

ekstract file tersebut, dan caranya sama seperti diatas. Tinggal jalankan dan masukkan drive lokasi flash drive Anda berada.

Cara menggunakannya, silahkan simak video berikut:

Terima kasih, semoga bermanfaat.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top