All for Joomla All for Webmasters
Blogging

Bagaimana Mendaftarkan Blogger Ke Google Search Engine?

Search Engine

Setelah Anda membuat blog dengan menggunakan blogger, pastinya Anda ingin blog Anda bisa masuk dalam daftar pencarian google. Search engine ini berfungsi sebagai pusat pencarian informasi. Mungkin sudah tidak Aneh bagi Anda yang kesehariannya menggunakan internet. Dari setiap hasil dari pencarian, akan muncul website sesuai katakunci yang dicari. Dengan munculnya website pada list pencarian, pastilah traffic pengunjung website akan meningkat.

Dalam hal ini, kita kerucutkan pendaftaran search engine menggunakan google. Sebelumnya Anda kenali dahulu apa itu Google Search Console , karena kita akan menggunakan salah satu fasilitas pada website tersebut, yaitu memasukkan sitemap. Sitemap ini berfungsi sebagai kerangka pada blog Anda. Dengan adanya sitemap, crawl sistem yang dimiliki oleh google akan mendeteksi dan memasukkannnya kedalam database search engine nya google.

Rhiel.IDBeberapa cms harus menggunakan plugin tertentu untuk dapat menghasilkan sebuah file sitemap. Blogger memberikan file sitemap ini dengan otomatis sesuai dengan postingan pada blog Anda. Untuk melihatnya, anda dapat mengetikkan url pada akhir blog Anda dengan tambahan /sitemap.xml contohnya

sarehat.net/sitemap.xml

Cara ini bukan hanya untuk blogger, tapi juga untuk cms website lainnya. Langkah awalnya adalah Anda harus memiliki akun google. Kemudian buka url berikut:

google.com/webmasters

login menggunakan akun google Anda, kemudian Anda akan masuk ke halaman awal dari google webmaster tersebut. Setelah itu, klik tombol Add A Property untuk memasukkan blog Anda.

setelah itu, Anda akan dialihkan ke verifikasi blog yang Anda daftarkan. Gunakan Alternate method, karena kita akan menggunakan HTML tag sebagai metode verifikasinya. Buka blogger Anda, kemudian masuk ke theme dan kemudian klik Edit HTML. Ambil kode verifikasi pada halaman verifikasi, contohnya

<meta name=”google-site-verification” content=”123123-abcde”” />

setelah dicopy, sisipkan pada tag setelah <head>

setelah itu klik tombol save theme, kemudian kembali ke google webmaster. Kemudian klik tombol verify

Jika berhasil, maka Anda dapat langsung mengelola Google Search Console blogger Anda. Pertama kali, Anda akan berhadapan dengan dashboard Search Console, kemudian masuk ke menu Crawl > Sitemaps. Terdapat tombol Add/Test Sitemap, klik tombol tersebut.

SitemapMasukkan url dimana sitemap itu berada, untuk default pada blogger lokasinya adalah /sitemap.xml. Setelah itu, klik tombol Submit, proses selesai. Anda tinggal tunggu beberapa saat. Dengan demikian, google akan mengenali semua halaman pada blog Anda, kemudian jika ada user mencari artikel pada mesin pencari google yang sesuai dengan keyword pada blog Anda, maka blog Anda akan muncul pada halaman pencarian. Sitemap akan terus melakukan update secara rutin seiring dengan artikel baru yang Anda publish pada blog Anda.

_rhiel_

2 Comments

2 Comments

  1. Doni Nurdiansyah

    September 27, 2017 at 1:59 pm

    mantap sekali gan…hehehe

    • Rhiel.ID

      September 27, 2017 at 2:14 pm

      Ahaha, ada sesepuh dateng kemari
      Terima Kasih 😀

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top