Cloud Hosting Indonesia
General Article

Bagaimana membuat usb bootable dengan WinToFlash?

Instalasi sistem operasi terkadang kita perlukan untuk melakukan refresh pada sistem, misalkan terjadi error yang susah diperbaiki, membeli pc atau laptop baru, terkena virus atau bahkan hanya ingin melakukan upgrade versi.

Adakalanya kita tidak memiliki Dvdrom pada pc/laptop yang akan diinstall, misalkan netbook. Pada dasarnya netbook tidak memiliki ruang untuk menyimpan dvdrom, dan ini menjadi kendala ketika kita akan melakukan instalasi. Jika memiliki dvd external, ini lebih baik. Namun bagaimana jika kita tidak memiliki dvd external tersebut? Kita harus membuat usb sebagai media penyimpanan installer os agar sobat dapat melakukan instalasi OS pada mesin yang tidak memiliki dvdrom.

Pada artikel 10 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Usb Bootable sudah admin berikan informasi mengenai jenis-jenis aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk membuat usb bootable. Pada artikel ini, admin akan menjelaskan bagaimana cara membuat usb bootable windows dengan mudah dan cepat dengan WintoFlash. Pada kasus ini, admin menggunakan iso yang kemudian di extract agar lebih memudahkan. Perlu sobat ketahui, pada windows sudah dapat melakukan mounting dari iso menjadi drive. Atau jika sobat tetap ingin menggunakan ISO langung, bisa saja, tapi biasanya agak lebih lama. Karena WintoFlash harus melakukan extraksi iso dahulu agar dapat dipecah filenya kemudian penyalinan data ke usb. Admin merekomendasikan menggunakan daemon/load iso ke windows atau melakukan extract terlebih dahulu, dan jangan lupa siapkan USB kosong dan kapasitasnya harus disesuaikan dengan besarnya file OS, minimal 4gb. Namun admin merekomendasi 8Gb.

Lalu bagaimana memulainya?

Baiklah sobat, kita akan mulai membahas cara membuat usb bootable.
1. Siapkan terlebih dahulu iso installernya. Dapat didonwload di website microsot atau website lainnya.

2. Siapkan aplikasi wintoflash, sobat perlu mendownloadnya terlebih dahulu, beriku alamat webnya.

https://wintoflash.com/download/en/

silahkan download, kemudian lakukan instalasi aplikasi Wintoflash. Filenya kecil kok sobat, pada saat admin download hanya 8.1 Mb.

Setelah instalasi selesai, jalankan aplikasi WintoFlash, aplikasinya bisa sobat cari di desktop. Jika sudah menemukanna, silahkan diklik. Jendela wintoflash akan muncul dengan sambutan pembukaan mereka. Selanjutnya, klik tombol Next > .

Setelah klik tombol next > maka akan muncul jendela Agreement. Kemudian klik tombol I Accept EULA.

Setelah itu, klik tombol Next > Pada jendela berikutnya ada 2 pilihan yaitu Paid dan Free. Jika sobat menggunakan yang Paid (berbayar) sobat akan diminta untuk input serial. Jika tidak punya, maka kita gunakan yang Free, klik tombol free kemudian klik tombol next.

Klik tombol Windows Setup Bootable USB Wizzard akan muncul jendela baru, klik tombol Next > akan muncul pilihan ISO Source.

pada pilihan pertama adalah
Iso yang sudah diextract dan disimpan pada suatu folder

pada piliha kedua adalah
ISO yang belum diextract atau masih dalam bentuk ISO.

Pada jendela ini, sobat tinggal pilih yang sesuai dengan sobat, Jika sudah diextract maka pilih nomor , jika belum di extract maka silahkan pilih nomor 2.

Pada kasus ini, admin sudah melakukan extraksi pada iso yang sudah didownload. Maka admin memilih pilihan nomor 1. Kemudian tekan tombol Next > . Setelah itu akan ada jendela untuk memilih folder dimana file OS tersebut disimpan dan USB mana yang akan dibuat boot.

dapat dilihat pada gambar diatas,
Windows files path: itu adalah folder yang sudah dipilih setelah diklik tombol select. Sobat tinggal mengalamatkan folder mana yang berisi OS installer tersebut.

USB drive: combo box untuk pemilihan USB, usb yang sudah dipasangkan akan terdeteksi secara otomatis, sobat tinggal pilih pada combo box tersebut.

setelah itu, klik tombol Next > akan muncul jendela baru, Klik I Do Accept. Klik Continue.

pada gambar diatas proses sudah mulai, pada proses awal. Wintoflash akan melakukan formatting usb. Setelah itu, barulah proses penyalinan data installer OS ke USB.

Tunggu hingga selesai.

Jika sudah selesai klik tombol Exit dan sobat sudah berhasil membuat USB Bootable Installer dengan OS Windows. 🙂

Jika masih bingung, lihat tutorial videonya di artikel berikut:

How to make Bootable USB 
Terima kasih.

Semoga bermanfaat

_rhiel_

 


Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Cloud Hosting Indonesia