All for Joomla All for Webmasters
Blogging

Bagaimana Membuat Page di Blogger?

Hei sobat, mari kita lanjutkan mengenai Blogger, setelah sobat mempelajari cara membuat artikel sekarang saatnya kita membuat Halaman atau Page. Sebelum masuk ke pembelajaran tersebut, kita pahami dahulu mengenai Page ini.

Page adalah salah satu element penting pada sebuah blog, selain sebagai navigasi (menu), page bisa difungsikan untuk plugin tertentu, misal sitemap, atau kontak. Page ini dapat juga di index oleh mesin pencari seperti google, pembuatan page ini sangat mudah namun perlu diketahui fungsi pembuatan page itu untuk apa, jangan sampai membingungkan user.

Sebagai contoh, pemanfaatan page ini adalah untuk About, Sitemap, Product, Contact, Privacy Policy ataupun lainnya. Bagi para penjual toko online, sangatlah diperlukan sebagai informasi Produknya ataupun halaman untuk konfirmasi Transaksi (transfer).

Oke sekarang saatnya membuat page, seperti biasa sobat harus sudah masuk dahulu ke halaman blogger, pilih menu page/laman. Lihat pada gambar:
Pada menu Pages ini, list Page yang sudah sobat buat akan muncul pada halaman ini. Seperti halnya Post, sobat bisa mengedit page meskipun sudah dipublish. Klik New Page kemudian akan muncul halaman berikut:
Inilah halaman page, tidak berbeda jauh dengan halaman Posting Artikel, yang membedakan adalah pada Page ini sobat tidak harus memilih label/kategori, karna page ini adalah halaman yang Fixed. Fixed ini dimaksudkan, sobat bisa langsung menunjuk halaman ini dari menu.

Lihat pada gambar diatas, seperti biasa sobat harus memasukan judul Misal About, maka permalink / url yang muncul adalah namadomain.com/p/about. Kemudian Ada Workspace ( area kerja), pada sebelah kanan ada Option biarkan seperti itu (default). Tombol pada kanan atas itu adalah untuk kontroling publish sobat, bisa simpan menjadi draft dahulu, preview ataupun langsung Publish.

Jika sudah membuat Page dan sobat sudah menyelesaikan isi kontentnya, silahkan Publish. Untuk membuat halaman/page berikutnya, sobat tinggal melakukan kembali pembuatan Page tersebut dengan judul yang sudah ditentukan oleh sobat.

Bagaimana sobat? sudah jelas?
Silahkan buatlah page dan nanti kita lanjutkan bagaimana menempatkan Page sobat kedalam menu.

Terima kasih 🙂

_rhiel_

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top