Cloud Hosting Indonesia
Hardware

Apa Itu SSD?

SSD? apalagi ini? sebetulnya SSD ini sudah dimulai sejak akhir 1960-an dan awal tahun 1970-an. Saat itu, SSD hanya dibuat untuk komputer super buatan IBM yaitu Amdahl dan Cray. Namun karna harganya sangat mahal, SSD ini tidak diproduksi secara masal.

Solid State Drive atau disingkat dengan SSD adalah inovasi terbaru dari media penyimpanan data. SSD merupakan media penyimpanan yang menggunakan Integrated Circuit (IC) yang dirancang dan difungsikan sebagai memory untuk penyimpaan data secara presisten. Dari media penyimpanannya ini sudah sangat berbeda dengan Magnetic Disk yang digunakan oleh HDD.
admin ujicoba pc lab kom yang sudah menggunakan SSD 120GB,
silahkan lihat pada link berikut HP ProDesk 400 Mini DM Start Up Test 
SSD belakangan ini belum banyak diketahui, karna harga nya masih lumayan. Perbedaan harga antara HDD dan SSD terlampau jauh, 1 TB HDD sebanding dengan 250Gb SSD. Lalu, apa sebenarnya yang menjadi kelebihan SSD:
  • Start Up lebih cepat. 30% lebih cepat dari HDD. Jika SSD digunakan untuk booting sangat terasa bedanya dengan HDD. Hal ini berdampak pada akses data yang tinggi, keterlambatan/ penundaan membaca data (latency) yang lebih rendah dan waktu pencarian data (seek time) yang jauh lebih cepat.
  • Tidak berisik, karena tidak menggunakan magnetik disk SDD tidak mengeluarkan suara.
  • Hemat daya listrik, meskipun untuk SSD berbasis DRAM masih diperlukan catu daya yang cukup tinggi, namun jika dibandingkan dengan hard-disk konvensional masih jauh lebih hemat energi.
  • Lebih kebal terhadap guncangan, getaran, dan temperatur yang tinggi.
  • Dengan kapasitas penyimpanan yang sama, SSD memiliki bobot yang lebih ringan dan ukuran fisik yang lebih ramping jika dibandingkan dengan hard-disk biasa sehingga lebih portable.
  • Sangat berguna untuk aplikasi berat seperti editor video, 3D dan yang sejenisnya.

_ rhiel _

www.domainesia.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Cloud Hosting Indonesia