All for Joomla All for Webmasters
General Article

Apa Itu Ransomware?

 

Sobat pernah mendengar Ransomware? 

Ransomware adalah malware yang mengenkripsi data user dan meminta uang tebusan kepada user untuk menebus key/dekriptor. Ransomware kini tidak lagi hanya berupa file executable ataupun dokumen Word yang lebih tinggi potensinya untuk dideteksi oleh antivirus.

Ternyata ransomware ini dibangun dengna pemrograman JavaScript dan PHP serta bantuan file interpreter, yang menyebabkan sulit dideteksi oleh antivirus. Hal ini mengingat algoritma kriptografi pada file JavaScript dan PHP lebih leluasa diimplementasikan pada kedua jenis file ini dibandingkan terhadap file executable.

Ransom masih mengandalkan metode spam untuk mengirim lampiran email berisi file JavaScript yang men-download file intepreter dan file PHP yang berisi kode untuk proses enkripsi. Variant ransomware PHP yang ditemukan masih menggunakan algoritma kriptografi yang sederhana yaitu X O R sehingga ada kemungkinan file yang terenkripsi masih dapat diperbaiki.

Jika memang susah untuk diperbaiki, harga tebusannya juga bervariasi, dari $24 sampai lebih dari $600, atau bisa juga dengan mata uang bitcoin. Namun, patut dicurigai juga, apakah memang benar mendapatkan key dekriptornya atau tidak .

sumber gambar: bbc

sumber gambar: bbc

Hati-hati jika mendapatkan email yang aneh, dan jangan coba-coba menjalankan aplikasi atau file asing di dalam lampiran email. ini adalah langkah mudah untuk menghindari dari ancaman ransomware. Saat ini ransomware juga semakin jadi ancaman bagi perangkat mobile karena bisa disembunyikan dalam aplikasi. So Becarefull … 
_ rhiel _
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top