Cloud Hosting Indonesia
General Article

Apa itu Cloud Computing?

Sobat setelah membahas mengenai Cloud Storage, kita akan membahas mengenai Cloud Computing. Penjelasannya sangatlah kompleks, namun akan dibagi menjadi beberapa artikel agar mudah memahaminya.

Komputasi Awan atau sering dikenal dengan Cloud Computing adalah sistem pemanfaatan teknologi informasi berbasis komputer dengan pengembangan melalui jalur internet. Kenapa dinamakan Cloud? sebetulnya gambaran awan/cloud sering digunakan dalam jaringan komputer biasanya diisyaratkan dengan link ke luar. Seperti halnya awan, sistem cloud computing juga merupakan sistem yang kompleks tapi tidak diketahui seperti apa isi didalamnya.

www.domainesia.com

Cloud Computing memberkan layanan komputasi secara virtual bagi usernya, yaitu kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi yang disajikan sebagai suatu layanan dimana user/client dapat mengaksesnya melalui jaringan internet. Dalam hal cloud, jaringan internet sangatlah diperlukan karena sebagai alat penyambung antara user dengan penyedia layanan Cloud.

Lalu apa perbedannya dengan penggunaan komputer saat ini? pada pemakaian komputer biasa, diperlukan hardware yang memadai dan sistem operasi menjadi penentunya, misalkan sobat menggunakan OS Windows, maka sobat harus menggunakan aplikasi berbasis Windows.

Menurut sebuah makalah pada tahun 2008 silam, Cloud Computing adalah sebuah informasi secara permanen disimpan di server pada internet dan tersimpan secara sementara di komputer user/client, seperti pc desktop, tablet, smartphone dan lain lain. Cloud computing memiik komsep yang mencakup SaaS, Web 2.0 dan mengikuti trend teknologi terbaru, misalnya google dengan OS nya Android, dengan secara online dapat menyimpan data maupun pekerjaan yang dapat diakses juga di web dimana datanya sebenarnya tersimpan di server, yang jika dikemudian hari dapat diakses juga diberbagai device.

Tadi dibahas mengenai SaaS, SaaS ini adalah salah satu dari jenis kontrak yang diberikan kepada usernya, service pada cloud computing dibagi menjadi 3 tingkatan:

Software as a Service (SaaS)
Ini adalah layanan paling awal pada cloud computing, sebelumnya bernama ASP (Application Service Provider). SaaS ini memberikan kemudahan bagi user untuk bisa memanfaatkan sumber daya perangkat lunak dengan cara berlangganan kepada penyedia layanan, salah satu keuntungannya adalah user tidak memerlukan investasi lebih untuk maintenance, baik in house maupun membeli lisensi. Biasanya penyedia layanan memberikan paket-paket tertentu dalam mengelola sistem tersebut, user hanya dapat menggunakan fasilitas tertentu sesuai dengan paket yang dibelinya. Seperti contohnya CRM online, dan sekarang sudah mulai beragam, Office Online misalnya, ataupun Google Docs.

Platform as a Service (PaaS)
Layanan yang menyediakan modul siap pakai dapat digunakan untuk mengembangkan suatu sistem atau aplikasi (hanya bisa berjalan pada platform tersebut). Seperti halnya SaaS, user hanya dapat menggunakan fasilitas yang sudah diatur oleh penyedia layanan sesuai dengan paket yang dibelinya. Contoh yang paling dikenal adalah Perusahaan game yang berjalan hanya di Facebook.

Infrastructur as a Service (IaaS)
Berbeda dengan Pass, IaaS adlah sebuah layanan yang memberikan fasilitas sumber daya teknologi dasar, sekarang ini dikenal dengan Co-Location, dimana user dapat memanfaatkan fasilitas infrastruktur penyedia layanan untuk menyimpan server yang kita miliki.

demikianlah sobat penjelasan awal mengenai Cloud Computing.
Semoga bermanfaat đŸ™‚

_rhiel_

 

www.domainesia.com

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top

Cloud Hosting Indonesia