All for Joomla All for Webmasters
General Article

Anti Virus Ransomware 2017

Lagi-lagi mengenai ransomware, kali ini tidak akan membahas mengenai keganasan virus tersebut, tapi membahas mengenai anti ransomware yang sudah dirancang khusus untuk ransomware yang sedang marak saat ini.

Ransomware memiliki 2 jenis utama, yaitu enkripsi file kemudian mengancam akan dihapusnya dan jenis yang mengunci secara penuh hingga tidak bisa dibuka sebelum mendapatkan dekripsinya. Pembuat ransom membuat korbannya panik, karena pesan-pesan yang disampaikan berupa ancaman dan peringatan. Itu hanyalah untuk intimidasi agar anda takut, yang kemudian membayarnya. Sebaiknya tetap tenang dan cari cara untuk menangkal ransomware tersebut.

Beruntungnya, perusahaan keamanan sudah menyediakan software gratis untuk melawan kedua jenis tersebut. Pada artikel ini, admin mengumpulkan software anti ransomware terbaik bagi pc yang telah terinfeksi, terenkripsi maupun hanya untuk pencegahan.

Kita awali dengan produk lokal terlebih dahulu, cinta Indonesia.

SMADAV Rev. 11.4 

Admin sangat bangga sekali dengan perkembangan antivirus buatan Indonesia, seperti yang kita tahu Smadav adalah salah satu antivirus yang sudah mendunia, awal karirnya pada tahun 2016 oleh Zainuddin Nafairin, hingga saat ini sudah memiliki 3 juta user aktif yang menggunakan Smadav. Bukan hanya antivirus, smadav memberikan layanan untuk proteksi (imunize) usb dan drive pada harddisc, juga terdapat tools lainnya termasuk Anti Ransomware. Jika anda menggunakan smadav, anda pasti mendapatkan update ke versi terbaru secara otomatis.

PCMAV 10.2.7 Update Build 1

Masih antivirus karya anak bangsa, PCMav dari PCMedia adalah antivirus yang sangat ringan dengan ukuran file yang kecil. Meskipun kecil, PCMAV mengandung formula dan teknologi khusus yang tangguh untuk mengatasi virus komputer yang menyebar luas. PCMAV memiliki engine untuk menghapus virus hingga akar-akarnya. Selain menggunakan engine tersebut, PCMAV menggunakan engine ClamAv sebagi plugin untuk memperkuat hasil deteksinya. Nah pada versi terbaru, PCMAV sudah memasukan RansomWare WannaCry dalam database antivirusnya.

Avast Free Ransomware Decryption Tools

Tidak semua ransomware mengunci data dengan cara yang sama, maka perusahaan keamanan harus dapat membuat solusi yang spesifik ketika acaman berikutnya muncul. Saat ini avast telah mengembangkan free Deckiness Tools Ransomware untuk menangani 16 jenis ransomware. Untuk memberitahu Anda mengetahui apa yang Anda butuhkan, Avast memberikan deskripsi terperinci tentang bagaimana bentuk ransomware. Setelah mendownload antivirus ini, Anda akan dipandu melalui proses penghapusan ransomware tanpa harus membayar uang.

Trend Micro Ransomware File Decryptor Tool

Perangkat untuk dekriptor yang diperbaharui secara rutin dengan definisi ransomware terbaru. Pada saat artikel ini ditulis, Trend Micro telah berhasil melepaskan kunci dari 26 jenis ransomware. Trend Micro masih berupaya memperbaiki sistemnya, karena Decryptornya harus bekerja dalam beberapa menit hingga berjam-jam. Terhantung pada jenis enkripsi yang digunakan.

BitDefender Anti-Ransomware

Terdapat banyak antivirus gratis yang sangat bagus, tapi tidak semuanya menawarkan perlindungan yang khusus, Bit Defender kini hadir dengan tool khususnya yaitu BitDefender Anti-Ransomware. Jika anda khawatir dengan serangan ransom, BitDefender Anti Ransomware adalah salah satunya sebagai alat tambahan selain antivirus yang Anda miliki. BitDefender bersifat pencegahan.

Kaspersky Anti-Ransomware Tool

Akhirnya Kaspersky muncul dengan tool khusus ransomware. Kaspersky Anti-Ransomware Tool for Business dirancang untuk membantu usaha kecil dan menengah (UKM). Seperti halnya BitDefender Anti Ransomware, tool ini juga berupa pencegahan dari serangan ransomware. Antivirus ini dapat berjalan dengan antivirus lainnya yang dapat memantau pergerakan virus ransomware. Ketika Kaspersky mendapatkan aktivitas baru dari ransomware, dia akan menguploadnya ke cloud server Kaspersky, dan semua user secara otomatis yang menggunakan antivirus ini akan menerima update terbaru.

Malwarebyte Anti Ransomware

Ahlinya malware, Malwarebytes masih dalam kondisi Beta dan sedang tahap development. Malwarebyte mendapatkan tantangan dalam penanganan ransomware, aplikasi ini mendeteksi aktifitas dan memantau pergerakan pada pc yang terkena ransomware. Malwarebyte akan memblok pergerakan tersebut jika sesuai dengan definisi atau cukup bukti bahwa pergerakan tersebut termasuk kedalam jenis ransomware. Selama pengembangan, malwarebyte telah melakukan pemblokiran terhadap beberapa varian ransomware.

Itulah list Anti Virus Ransomware 2017, mesikpun sudah ada tool khususnya,
kita harus tetap waspada dan tidak panik dalam menghadapi virus Ransomware ini.

Terima kasih, semoga bermanfaat 🙂

_rhiel_

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top