Rhiel ID

General Article

Ada yang Sanggup Bobol Nougat? Google Akan Bayar Rp 2,6 Miliar

Google menggelar sayembara untuk menemukan bugs atau membongkar celah keamanan di sistem operasi Android terbarunya, 7.0 Nougat. Google menyediakan hadiah uang tunai senilai 200.000 dollar AS (sekitar Rp 2,6 miliar) bagi pemenang utama. Inisiatif tersebut dicetuskan Google melalui kampanye Project Zero Security Contest yang diumumkan pada Rabu (14/9/2016) lalu.

“Tujuan kontes ini untuk mencari celah keamanan atau rantai bug yang bisa membuka kode eksekusi secara remote di berbagai perangkat Android, dengan hanya mengetahui nomor ponsel dan alamat e-mail,” ujar perwakilan Google, Natalie Silvanovich.

Diambil dari blog Google, Kamis (15/9/2016), untuk memenangkan kompetisi tersebut, Google meminta peretas membobol Android 7.0 Nougat hanya dengan menggunakan SMS atau e-mail.

Sistem operasi tersebut dipasang di dua perangkat Google Nexus, yakni Nexus 6P dan Nexus 5X. Akan lebih baik lagi jika peretas membobol perangkat berbasis Nougat lain. Semua peserta diminta untuk menjelaskan celah keamanan yang mereka temukan dalam sebuah laporan yang juga akan di-posting di blog Google.

Kontes berjalan selama enam bulan semenjak diumumkan, yakni bulan September ini.

Selain hadiah utama senilai 200.000 dollar AS untuk pemenang utama, Google juga menyediakan 100.000 dollar AS (sekitar Rp 1,3 miliar) untuk runner-up dan 50.000 dollar AS (sekitar Rp 650 juta) sebagai hadiah hiburan bagi peserta yang belum disebut jumlahnya.

Bug-bug tersebut jika ditemukan akan dipakai oleh Google untuk penyempurnaan sistem operasinya, Android 7.0 Nougat.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top