All for Joomla All for Webmasters

Rhiel ID

Operating System

9 Portable Webserver Terbaik 2017

Sobat, setelah membahas mengenai Webserver Lokal yang dipasang / install pada komputer sobat, kali ini akan membahas Webserver Portable, apa itu portable??? Portable ini adalah webserver yang memungkinkan sobat untuk menyimpan pengembangan aplikasi yang disimpan dengan menggunakan media Flash disc.

Dengan menggunakan sistem portable ini, akan sangat mudah untuk developer dalam melakukan sharing atau pembagian tugas. Portable ini pernah kami lakukan juga ketika ada tes seleksi masuk, jikalau harus menginstall dan membagikan satu-persatu aplikasi dirasa tidak efektif, akhirnya dari 1 file master dicopy ke beberapa flash disc dan dijalankan pada komputer semi server untuk menjalankan webserver di beda tempat.

Lalu, apa saja aplikasi yang dapat memberikan layanan portable webserver ini?
Mari kita simak.

XAMPP

Xampp ini ternyata ada juga yang berbasis portable. Sangat mudah digunakan, xampp sudah satu paket apache, mysql. Xampp sangat powerfull mudah digunakan dan dapat digunakan dalam multi platform. Bagaimana caranya? Mudah sekali, download xampp kemudian simpan ke flash disc, konfig pada setup_xampp.bat dan kemudian jalankan xampp-control.exe

Link > Download

Server2Go

Aplikasi portable untuk menjalankan webserver, merupakan Wampp server stack yang lengkap, aplikasi ini juga mendukung php karena berbasis Apache, selain mendukung Mysql Versi 5 server2go mendukung SqlLite. Untuk mencoba framework atau cms yang sekarang berkembang, harus dicoba dahulu ada kemungkinan ada aplikasi server yang belum ada pada server2go

Link > Download

MobaXterm

Merupakan salahsatu server portable, memiliki banyak kelebihan, dinamakan Portable X Server. MobaXterm ada 2 versi, gratis dan berbayar. Selain webserver, aplikasi ini juga memiliki fasilitas: SSH, RDP, VNC, Telnet, Rlogin, FTP, SFTP and XDMCP dan paket lainnya.
Link > Download

Serva

Buatan Patrick Massota, adalah portable aplikasi yang memiliki file sangat kecil dan dapat menjalankan multiprotokol. Tersedia dalam versi 32 dan 64 bit. Serva dapat digunakan sebagai HTTP Server, DHCP Server, Ftp, DNS dan lain-lain. Caranya mudah, jalankan serva, konfig pada setinggan kemudian restart.

Link > Download

 Lucee 5 Server

Sebelumnya bernamaf CFWebserver.  Singkatan dari Cold Fusion webserver, buatan Coldfusionplanet. Mengunakan bassis Raiola 3.1 Jetty, aplikasi ini sudah termasuk database mysql 5.0 dengan EMS Manager. Namun sekarang berubah nama menjadi Lucee, sudah support Php 7.

Link > Download

EasyPHP

Teman angkatannya Xampp, EasyPhp adalah paket pengembangan WAMP yang sudah bundle dengan Apache Webserver, Mysql. Sudah tentu menggunakan bahasa pemrograman Php. Sudah bundle dengan PhpMyadmin untuk mengelola database, juga xdebug sebagai alat untuk debugging.

Link > Download

Tonido

Aplikasi gratis sebagai webserver pribadi. Aplikasi ini sangat intuitif memungkinkan pengguna untuk mengakses dan berbagi konten melalui browser secara lokal. Selain itu, dapat digunakan untuk berbagi data Torrent, host album foto, mendengarkan musik hingga berbagi file melalui aplikasi webserver.

Link > Download

USB Webserver

USB Webserver adalah paket Server Web portabel yang mencakup Apache, MySQL, PHP, dan PHPMyAdmin. Sama seperti XAMPP Portable, Server Web ini menggunakan system tray. Selain itu ia dapat dijalankan sebagai layanan sistem . Aplikasi ini memiliki jumlah data yang lumayan besar, sekitar 20Mb lebih tapi itu mencakup berbagai aplikasi server.

Link > Download

Uniform Server

Aplikasi paket server portable Windows Apache Mysql Php (WAMP) yang lengkap yang memungkinkan penggunakan menjalankan produksi atau pengembangan website dari server dan ujicoba melalui host. kelebihannya Perl juga dapat dijalankan pada aplikasi ini.

Link > Download

Great thanks 🙂

_rhiel_

Loading...
2 Comments

2 Comments

  1. erick

    September 16, 2017 at 8:24 pm

    Selamat Malam.

    Mas Admin, saya mau nanya kalau webserver yang menggunakan server2go dan saya mau membukanya di pc client gimana caranya ? Terimakasih

    • Rhiel.ID

      September 16, 2017 at 11:27 pm

      malam mas erik, server2go bisa diakses oleh client juga.
      Ini pernah kami pakai juga untuk Ujian Dalam Jaringan, kalau mau ujicoba.
      segment ip client disamakan dengan ip server.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top