All for Joomla All for Webmasters

Rhiel ID

General Article

6 Webserver Lokal Terbaik 2017

Setelah memahami fungsi dari Webserver, kita akan membahas mengenai webserver lokal, atau biasa disebut dengan localhost. Localhost ini memiliki IP 127.0.0.1, server ini dipasang pada perangkat sobat, meskipun menggunakan laptop, sudah mencukupi. Webserver lokal ini digunakan untuk pengembangan aplikasi berbasis web, pengembangan database atau memang untuk mengerjakan Project Webstite menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Berikut ini, adalah List Webserver terbaik tahun 2017

XAMPP

Nama aplikasi ini sudah tidak asing didengar, xampp paling populer yang memungkinkan sobat untuk memasang aplikasi ini pada berbagai platform misal windows, linux, macOs. Digunakan untuk mengembangkan project secara offline sebelum program/website tersebut live atau di publish. Xampp memiliki banyak tambahan aplikasi/plugin dalam pengembangan project yang sobat buat. Xampp ini sudah satu paket dengan aplikasi lainnya, misalkan aphace dan phpmyadmin.
Link > Download

WAMP

Merupakan aplikasi pengembangan website/aplikasi yang memungkinkan sobat menginstall dan membuat webserver lokal untuk pengembangan PHP. WAMP akan menginstall komponen pendukungnya, seperti Apache, Mysql, XDebug. Interface sama seperti yang lainnya, sudah tersedia dalam beberapa bahasa.
Link > Download

AMPPS

AMPPS ini dikembangkan oleh Softaculous. Pembangunan webserver lokal pada komputer sobat. Program ini akan menginstall Apache, MySql, MongoDB, PHP, Perl, dan Python. Aplkasi ini juga dapat melakukan debugging program. Kelebihan AMPPS ini, dapat melakukan koneksi dengan beberapa database MYSQL, install cms seperti WordPress dan Joomla. Selain itu, sobat juga dapat melakukan rooting pada modul yang tersedia.
Link > Download

MAMP

Mamp ini hanya dapat digunakan pada OS MAC. MAMP adalah program yang hampir sama dengan XAMPP, yang memungkinkan digunakan untuk membuat webserver lokal. Belakangan ini dapat digunakan pada OS windows juga, aplikasi yang digunakan sama dengan yang lainnya, modul yang bisa diinstall juga adalah SSL, hingga ke PHPMyadmin yang berbayar, dimana phpmyadmin berbayar ini  mencakup jumlah host virtual yang tidak terbatas.
Link > Download

ZEND

Zend adalah webserver lokal pada komputer sobat, aplikasi ini berbayar untuk dapat menjalankan dan menyebarkan aplikasi PHP.  Zend ini mencakup lebih dari 80 Ekstensi PHP. Karna kelebihannya ini, zend dapat diintegrasikan dengan webserver lainnya, seperti apache, iis atau Nginx. Sistem managemen CMS dapat menggunakan Magento, Wordress ataupun yang lainnya. Zend menawarkan debugger, cache data dan monitor aplikasi. Dapat digunakan pada Windows, Mac dan Linux. Tersedia trial dan berbayar.
Link > Download

EasyPHP

Yang terakhir adalah easyPhp, sama dengan yang lainna. Aplikasi ini memungkinkan sobat untuk membuat webserver lokal sebelum di pubish. Dengan menggunakan EasyPHP sobat bisa menginstall dan menggunakan komponen Apache, Php, MySql, PhpMyadmin dan Xdebug. Mendukung juga modul tambahan lainnya. Kelebihannya adalah, sobat dapa menggunakan USB sebagai servernya.
Link > Download

Semoga bermanfaat, Terima kasih
_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top