Hardware

3 Tips Penting yang Harus Kamu Lakukan Ketika Membeli Kamera CCTV untuk di Rumah!

Tinggal di lingkungan yang aman dan jauh dari tindak kriminal menjadi impian kebanyakan masyarakat Indonesia. Hanya saja, tidak semua lingkungan benar-benar terbebas dari tindak kriminal. Untuk menjaga keamanan di rumah, Kamu bisa menambahkan sistem CCTV agar bisa menjaga keamanan saat kamu tidak berada di rumah. Sebelum melakukan pemasangan CCTV, ada baiknya Kamu mengetahui terlebih dahulu harga CCTVdi pasaran.

Penggunaan CCTV di Lingkungan Rumah

sumber : keselamatankeluarga.com

Menggunakan CCTV di lingkungan rumah bisa menjadi alternatif Kamu yang sering berada diluar rumah. CCTV merupakan Closed Circuit Television atau televisi sirkuit tertutup yang akan merekam setiap kegiatan yang tersorot di area CCTV.

Penggunaan CCTV bisa membantu Kamu dalam menjaga keamanan tempat tinggal karena menggunakan sinyal tertutup. Ketika terjadi tindak kriminal di lingkungan rumah, CCTV dapat membantu menemukan pelaku kriminal dengan lebih mudah dan cepat.

Secara teknis, kamera CCTV menggunakan sebuah alat yang dinamakan DVR atau Digital Video Recorder. Alat ini berfungsi untuk mengambil gambar dan merekamnya. DVR bisa menjadi alat bukti tindak kriminal jika sewaktu-waktu dibutuhkan dalam pengungkapan kasus kriminal.

Panduan Membeli Kamera CCTV

sumber : hanhwatechwin.com

Agar Kamu tak salah pilih saat membeli kamera CCTV, kamu bisa menggunakan panduan berikut ini:

1.      Sesuaikan dengan Kebutuhan

Kebutuhan akan kamera CCTV bisa disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Kamu. Jika lingkungan tempat tinggalmu membuat sistem keamanan ekstra, kamu bisa memilih kamera CCTV yang tepat. Alasan keamanan tempat tinggal dan untuk menjaga anak biasanya menjadi pertimbangan dalam memasang kamera CCTV.

Loading...

Selain itu, pastikan juga ada dana yang tersedia untuk membeli CCTV. Kamu bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan harian, apakah ada dana lebih atau tidak. Jika sudah terdapat dana lebih untuk membeli CCTV, Kamu bisa menanyakan harga CCTV di toko elektronik terdekat.

2.      Sesuaikan dengan Lokasi

Jika Kamu sudah berencana untuk membeli CCTV, ada baiknya Kamu meletakan kamera CCTV di lokasi strategis. Selain itu, jenis CCTV juga mempengaruhi keberadaan CCTV. Jika Kamu membeli CCTV outdoor, Kamu bisa meletakkan kamera CCTV di luar lingkungan rumah. CCTV yang dikhususkan untuk luar ruangan sudah dilengkapi dengan fitur tertentu yang membuatnya tetap aman, meski terkena sinar matahari dan hujan.

Tetapi, jika Kamu memilih memasang di dalam ruangan, ada baiknya Kamu memilih jenis CCTV indoor agar tidak mubazir dalam hal fitur yang ditawarkan. Jenis CCTV yang digunakan inilah yang juga mempengaruhi harga kamera CCTV yang bisa Kamu sesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga.

3.      Cek Spesifikasi dan Beli CCTV dengan Kualitas Baik

Beragam merek  CCTV dijual di pasaran dan ditawarkan dengan harga yang bervariasi. Biasanya CCTV dengan merek tertentu memiliki harga yang lebih tinggi. Tetapi tidak bisa dipastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitasnya. Untuk itu, perlu pertimbangan juga spesifikasi dari CCTV yang dibeli agar tidak salah pilih.

Beberapa CCTV merek internasional biasanya sudah dilengkapi dengan software bawaan yang cocok untuk PC, iOS, Mac, hingga Android. Selain itu, ada baiknya Kamu juga memilih CCTV yang memiliki kualitas terbaik dengan memperhatikan reputasi perusahaan pembuatnya. Hal ini akan mencegah kesalahan dalam membeli CCTV ataupun kekecewaan akibat CCTV yang mudah rusak dan tidak berfungsi dengan baik.

Dengan menggunakan CCTV di lingkungan rumah akan menjaga rumah dari pelaku tindak kriminal. Agar Kamu tidak salah pilih dalam membeli CCTV, ada beberapa pertimbangan hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah dengan mengecek harga CCTV di pasaran.

Terima kasih

_rhiel_


Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top