All for Joomla All for Webmasters

Rhiel ID

Blogging

3 Platform Website Terbaik Untuk E-Commerce Tahun 2017

Free Ecommerce

Perlunya sebuat website untuk e-commerce adalah salah satu faktor sukses untuk melakukan bisnis secara online. Beberapa platform kemungkinan hadir tanpa adanya biaya untuk membuatnya. Jika dibahas secara lebih luas, sebetulnya platform e-commerce ini memiliki banyak jenis, misal saja dengan menggunakan blog dan menampilkan barang-barang yang dijual, itu juga sudah termasuk dalam kategori e-commerce.

Lebih dari itu, sudah banyak blog yang menyediakan kerjasama sebagai media Anda dalam membuat website e-commerce, ada yang berbayar dan gratis. Blogger dan wordpress adalah platform gratis selain untuk blog, dapat juga digunakan untuk keperluan e-commerce.

Tipe lainnya adalah menggunakan CMS yang dibuat khusus untuk e-commerce, kita sering mendengar prestashop sebagai salah satu CMS e-commerce terbaik saat ini. Jika Anda ingin menggunakan CMS Prestashop tersebut, maka Anda harus membeli paket hostingan dan domain untuk dapat menggunakannya.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas 3 besar dari penyedia layanan e-commrce yang dapat Anda gunakan secara gratis. Namun perlu Anda ketahui, gratis disini pasti ada sesuatu, yaitu terbatasnya akan fitur yang tersedia pada website tersebut. Berbeda dengan jika kita membeli paket hostingan, atau Anda berlaku sebagai merchant pada salah satu platform e-commerce terbesar misalnya kaskus FJB, Tokopedia atau bukalapak.

SquareUpSquareUp

Yang pertama adalah SquareUp, website ini memberikan fitur yang lengkap untuk membuat portal e-commerce Anda dan memiliki alat manajemen bisnis yang sederhana sehingga tidak membingungkan Anda pemilik portal tersebut. Anda dapat mendaftar secara gratis tanpa harus membayar biaya bulanan. Namun sebenarnya jika Anda menggunakan jenis transaksi dengan menggunakan paypal akan terkena biaya 3% untuk setiap transaksi. Namun jangan bimbang, SquareUp memberikan banyak tipe dalam pembayaran, Anda dapat menyesuaikannya nanti.

Etalase produk ini cukup sederhana, barang jualan Anda akan muncul pada halaman awal dan Anda dapat membuat kategori khusus untuk setiap barang yang Anda jual. Selain itu Anda juga dapat membuat informasi lainnya misalnya halaman informasi toko, dan blog artikel. Dalam versi gratis, Anda hanya dapat memposting barang jualan Anda hanya 10 jenis barang.

SquareUp memberikan kualitas dalam menampilkan website, tampilan sederhana dan rapi support juga untuk versi mobile. Anda dapat mengelola tampilan dan mengelola barang jualan Anda dengan 1 akun dalam dashboard pribadi Anda.

EcwidECwid

Berikutnya adalah Ecwid, secara pribadi saya pernah mencoba menjual produk dengan menggunakan platform ini. Ecwid dapat dengan mudah Anda gunakan sebagai media e-commerce. Ecwid menawarkan portal yang dapat Anda gunakan secara gratis dan mudah. Sama halnya dengan Square, Ecwid memberikan fitur yang lengkap untuk mengelola barang jualan Anda. Misalnya informasi penjualan dan meiliki fitur shipstation dan metode pembayaran.

Dengan adanya website builder, Anda sebagai pemilik toko tidak perlu repot untuk membuat halaman yang rumit. Anda dapat merubah tampilan toko dengan mudah. Seperti merubah logo, tentang toko dan lokasi toko. Ecwid pada versi gratis hanya memperbolehkan Anda untuk memposting 10 jenis barang yang dijual, jika ingin menambahkan lagi, Anda dapat melakukan upgrading akun Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lihat video tutorial untuk membuat online store dengan Ecwid pada link berikut ini:
How to create Free E-Commerce Website With Ecwid

Spreesy

SpeesyPendatang baru ini hadir dengan kelengkapan fitur yang tidak kalah dengan 2 pesaing diatas. Namanya adalah Spressy, spressy muncul dengan platform yang modern dan mengesankan. Dirancang khusus untuk aplikasi penjualan/e-commerce. Anda dapat memilih iklan postingan Anda dari media social yang Anda gunakan, misalnya Facebook.

Pada pressy, list barang Anda akan muncul seperti gaya tampilan Pinterest, Anda tidak dapat mengatur sesuai kategori barang. Barang yang ditampilkan akan muncul secara acak. Untuk media pembayaran, spressy diintegrasikan dengan paypal atau kartu kredit. Meskipun spressy tidak menarik biaya secara bulanan, namun menarik pertransaksi sebesar 3%.

Lihat video tutorial untuk membuat online store dengan Spressy pada link berikut ini:
How to create Free E-Commerce Website With Spressy

Jadi platform website manakah yang menjadi pilihan Anda? atau Anda ingin membuatnya secara pribadi dengan menggunakan hosting? atau mendaftar sebagai merchant pada situs penyedia e-commerce lainya? hanya Anda yang dapat menjawabnya.

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top