All for Joomla All for Webmasters
Smartphone

3 Cara Tethering Internet dari Smartphone Android

Tether Andoid

Smartphone Android dapat melakukan berbagi koneksi dengan device lainnya, ini disebut dengan Tethering. Dengan adanya tethering, alat-alat lainnya misalkan laptop atau desktop pc dapat menerima aliran data internet.

Berbagi koneksi data berguna ketika Anda berada di tempat yang tidak memiliki akses wifi/internet, bahkan dirumah sekalipun. Tidak semua rumah memiliki paket internet rumahan.

Namun perlu diperhatikan juga, berbagi layanan internet pada alat lainnya maka Anda harus menggunakannya dengan hemat, kenapa? karena jangan lupa Anda mengambil koneksi dari smartphone Android Anda, yang koneksinya itu menggunakan hitungan Quota, atau mungkin bulanan.

Fitur tethering ini secara default dimiliki oleh setiap smartphone, dimana fitur itu terdapat pada menu settings. Namun Anda bisa juga menggunakan aplikasi khusus melakukan berbagi layanan data/internet.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mempelajari tethering dengan menggunakan fitur yang dimiliki oleh smartphone, bukan dengan aplikasi pihak ketiga (third party) yang Anda download dari PlayStore. 

Tethering dapat digunakan dengan 3 cara, Anda dapat menggunakannya slah satu dari 3 cara tersebut. Sebelum memulainya, screenshoot pada artikel ini adalah hasil screenshoot dari smartphone lenovo. Ada kemungkinan berbeda tampilan atau penempatan menunya.

Dan jangan lupa, jika Anda menggunakan IP static, rubahlah dahulu menjadi obtain atau dhcp. Karena smartphone Anda akan bertindak sebagai dhcp server yang akan memberikan IP pada komputer Anda.

Untuk menemukan 3 jenis tethering ini, Anda bisa masuk ke Settings>More>Tethering & Portable Hotspot. Disitulah posisi fitur tethering berada.

Tethering

Pilih menu tersebut. Sekarang kita akan bahas satu-persatu:

#Cara 1 – USB Tethering

Yang pertama adalah menggunakan kabel data/usb. Koneksi ini paling cepat dari pada yang lainnya, kenapa? karena dengan menggunakan kabel transfer data akan lebih cepat, selain itu baterai juga akan otomatis terisi karena terhubung langsung dengan laptop/desktop sebagaimana biasanya Anda melakukan charge.

Caranya sangat mudah, tanpa perlu autentikasi ataupun settingan khusus. Sambungkan terlebih dahulu kabel data ke komputer dan juga ke smarpthone Anda. Maka fitur tethering USB akan aktif.

tunggu beberapa saat hingga komputer mendapatkan IP dan cobalah untuk mengakses internet.

#Cara 2 – WiFi Tethering

Cara yang kedua ini adalah yang umum biasanya digunakan. Jika Anda sering menggunakan wifi untuk menyambungkan komputer Anda, sudah pasti paham mengenai hal ini. Pada fitur tethering, yang perlu pertama kali Anda lakukan adalah merubah SSID dan juga memberikan password untuk wifi Anda.

Caranya adalah pilih menu Setup Wlan Hotspot, kemudian isi SSID atau Network Name setelah itu isikan password untuk wifi Anda, pengisian password dimaksudkan agar menghindari orang lain yang tidak berhak ikut mengakses wifi Anda.

Password Wifi

Setelah merubah nama wifi dan mengisi password, kemudian tekan tombol save. Sekarang pilih lah Portable WLan Hotspot, kemudian aktifkan.

WifiSekarang Anda boleh mencobanya dengan mengaktikan wifi pada komputer Anda, kemudian cari SSID atau nama wifi yang Anda buat tadi kemudian isikan passwordnya. Tunggu beberapa saat hingga mendapatkan IP dan cobalah mengakses internet.

#Cara 3 – Bluetooth Tethering

Cara yang terakhir adalah menggunakan bluetooth sebagai media penyambung. Sambungan ini disebut juga sebgai PAN atau Personal Area Network. Pertama kali adalah Anda haruh melakukan pairing antara bluetooth smarpthone dengan bluetooth komputer. Nyalakan dahulu Bluetooth Tethering:

BluetoothSetelah itu, klik kanan pada bluetooth yang berada di tray icon. Kemudian pilih Add a Bluetooth Devices.

BluetoothKemudian akan muncul Add Bluetooth or other devices. Klik tombol panah, untuk mulai mencari bluetooth smartphone Anda. AddKemudian akan muncul Bluetooth, setelah itu komputer akan mencari bluetooth, jika sudah ditemukan, klik nama bluetooth smartphone pada komputer kemudian tekan tombol pair, pair ini berfungsi untuk menyambungkan koneksi bluetooth.

Klik tombol pair, kemudian akan muncul juga pada smartphone dan lakukan hal yang sama, klik tombol pair dan tekan tombol Yes.

PairSetelah bluetooth tersambung, sekarang klik kanan kembali pada menu bluetooth pada icon tray, kemudian klik Join a Personal Network. 

PANMaka akan muncul jendela baru, jika pairing telah berhasil dilakukan. Maka nama bluetooth smartphone Anda akan muncul pada device list, klik kanan > Connect Using > AccessPoint.ConnectTunggu beberapa saat, hingga komputer mendapatkan IP, setelah itu cobalah mengakses Internet.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

_rhiel_

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top