Rhiel ID

General Article

10 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Usb Bootable

Kali ini kita akan membahas mengenai aplikasi untuk membuat USB bootable, sebetulnya apa itu usb bootable?

USB Bootable adalah pembuatan installer sistem operasi yang disimpan dalam flash disc, dimana serangkaian file sistem operasi tersebut berada di flash disc, dan kita dapat melakukan instalasi Sistem Operasi dengan menggunakan USB tanpa menggunakan CD Installer.

Apa keuntungannya menggunakan usb bootable ini?

tentunya dengan menggunakan USB Flash disc, pasti sangat portable. Sobat tidak perlu adanya cdrom ataupun disc. Namun sobat tetap memerlukan ISO installer pada saat pembuatan usb bootable tersebut.

Oke sobat, berikut adalah 13 list software aplikasi untuk membuat usb bootable tersebut:

1. WinToFlash

Aplikasi ini yang sering dipakai admin untuk membuat bootable, aplikasi bisa digunakan secara portable maupun installer. Wintoflash support semua windows untuk dicopy. Selain windows, wintoflash juga dapat membuat bootable selain windows, misal hirens boot CD hingga Linux. Wintoflash dapat digunakan secara gratis, dapat juga berbayar, untuk menghilangkan iklan pada saat pembuatan bootable.

link download https://wintoflash.com/home/en/

2. RMPrepUSB

Jika dilihat dari interfacenya, sangat rumit. Namun sangat powerfull. Jika sobat sudah mencoba menggunakannya, sebetulnya sangat mudah. Dengan fungsi yang banyak seperti gambar diatas, memungkinkan sobat membuat bootable dengan berbagai jenis dan memilih filesystem yang diinginkan. Fitur lainnya adalah sobat dapat membuat partisi pada USB.

Link download http://www.rmprepusb.com/

3. Rufus

Aplikasi yang sangat mudah digunakan, usb dan kapasitas akan terdeteksi secara otomatis dan sobat tinggal melakukan formatting kemudian membuat usb bootable secara cepat. Mohon diperhatikan, iso yang dipilih harus valid atau dalam kondisi baik, karena rufus akan melakukan deteksi terhadap iso yang dipilih.

link download https://rufus.akeo.ie/

4. WintoBootic

aplikasi sangat sederhana dan mudah untuk digunakan. Sobat hanya tinggal drag n drop atau klik untuk melakukan pemilihan iso. Setelah itu klik do it!, sangat sederhana dan poses pembuatan boot sangat cepat.

link download http://www.wintobootic.com/

5. YUMI

Nama yang unik, tapi sebenarnya YUMI ini adalah singkatan dari Your Universal Multiboot Installer. Berbeda dengan yang lainnya, untuk melakukan formating dia bisa di set, format atau tidak. Kelebihan yumi salah satunya adalah sobat dapat membuat multi usb bootable dan dia memiliki link-link untuk mendownload ISO installer.

link download https://www.pendrivelinux.com/yumi-multiboot-usb-creator/

6. Universal USB Installer

aplikasi in hampir sama pada bagian interfacenya dengan YUMI, YUMI dapat membuat multiboot dan support semua OS, namun pada Universal USB Installer ini, dia hanya support LINUX.

link download https://www.pendrivelinux.com/universal-usb-installer-easy-as-1-2-3/

7. UNetBootin

saah satu aplikasi favorit yang sudah sering kita dengar, UNetbootin hampir mirip dengan Universal USB Installer, selain support semua jenis Linux, aplikasi ini juga support Windows dan IOS.

link download https://sourceforge.net/projects/unetbootin/

8. LILI

Nama yang unik juga selain YUMI, LILI ini adalah singkatan dari LInux LIve. Sesuai judulnya, LILI ini sangat membantu sekali dalam pembuatan bootabel LINUX, dan kehebatannya setelah pembuatan usb bootable sobat bisa langsung menjalankn Linux secara Live tanpa harus merestart Windows.

link download https://www.pendrivelinux.com/linux-live-usb-creator/

9. WinSetup From USB

aplikasi ini juga support untuk membuat multiboot pada usb. Selain support untuk Windows aplikasi ini juga support untuk distro Linux. Pada interface sangatlah bersahabat namun bagi para pemula, pasti agak ribet untuk menggunakan aplikasi ini

link download http://www.winsetupfromusb.com/downloads/

10. Windows Bootable Image Creator

yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah Windows Bootable Image Creator. Aplikasi sederhana yang memungkinkan sobat membuat bootable usb dengan mudah dengan interface dan tombol-tombol yang mudah dimengerti. Salah satu kelebihan lainnya adalah, aplikasi ini sangat kecil.

link download http://www.freewarefiles.com/Windows-Bootable-Image-Creator_program_75008.html

Sudah cukup khan sobat? silahkan coba aplikasi diatas tadi untuk membuat bootable USB yang menurut sobat sangat mudah digunakan.

Terima kasih 🙂

_rhiel_

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top